PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 3 PALU

Priyatna Prasetyawati, Mutawakkil Mutawakkil

Abstract


Abstrak: Pendidikan multikultural sangat penting diimplementasikan pada semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian yaitu (1) Mendeskripsikan pemahaman guru dan peserta didik mengenai multikulturalisme di SMA Negeri 3 Palu, (2) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran sejarah dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural di SMA Negeri 3 Palu, (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural di SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan peserta didik memahami makna multikulturalisme sebagai pandangan dan sikap yang saling menghargai dan menghormati serta menerima perbedaan budaya. Proses pembelajaran sejarah telah dilaksanakan dengan mengimplementasikan pendidikan multicultural menggunakan strategi pembelajaran cooperative learning dengan metode small discussion dikaitkan dengan materi sejarah yang mengandung muktikultural. Pada saat proses pembelajaran, guru selalu memberikan contoh langsung untuk menerapkan sikap multikulturalisme pada peserta didik. Faktor pendukung antara lain wawasan guru yang baik terhadap multikulturalisme, pengelolaan kelas yang baik sesuai dengan strategi pembelajaran, lingkungan sekolah yang kondusif, serta mengacu pada kurikulum nasional. Faktor penghambat yaitu materi sejarah SMA masih kurang dikaitkan dengan multikultural, kurangnya sosialisasi pendidikan multikultural terkait penyusunan bahan ajar kepada guru, guru kesulitan memahami karakter peserta didik, kurangnya poster bertemakan multikultural, peserta didik belum memahami kata yang tidak baik diucapkan dalam pergaulan.


Abstract:  Multicultural education is very important to implement in all subjects, including history subjects. The research objevtives are : (1) Describe the understanding of teachers and students regarding multiculturalism in SMA Negeri 3 Palu, (2) Describe the implementation of the history learning process in implementing multicultural education in SMA Negeri 3 Palu, (3) Describe the supporting and inhibiting factors in implementing multicultural education in SMA Negeri 3 Palu. Type of qualitative descriptive research. The results of the research show that teachers and students understand the meaning of multiculturalism as views and attitudes that respect each other and respect and accept cultural differens. The history learning process has been carried out by implementing multicultural education using cooperative learning strategies with the small discussion method linked to history subject matter which contains multiculture during the learning procces, teacher always provide direct examples to apply multiculturalism attitudes to students. Supporting factors include good teacher insight into multiculturalism, good classroom management in accordance with learning strategies, conducive school environment, and refers to the national curriculum. Inhibiting factors include a lack of high school history material that is related to multiculturalism, a lack of socialization of multicultural education related to the preparation of teaching materials for teachers, teachers having difficulty understanding the character and background of students, a lack of posters with multicultural themes, and some students not yet understanding bad words spoken in friendship.


Keywords


Multicultural Education; Multiculturalism; Histroy Learning

Full Text:

PDF

References


Andari, D., Noor, A. S., & Firmansyah, A. (2022). Penanaman Pendidikan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sma Islam Bawari Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i1.51799

Asmuri, A. (2017). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Telaah Terhadap Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Agama Islam). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 25. https://doi.org/10.24014/potensia.v2i1.2530

Buchori, M. (2007). pendidikan multikultural. kompas 31-12-2007. http://digilib.fisipol.ugm.ac.id/handle/15717717/10495

Herdin Muhtarom, D. K. & A. (2020). Pembelajaran Sejarah yang Aktif, Kreatif dan Inovatif melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(1), 29–36.

Nasution. (2015). Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Nim, N., Jurusan, P., Bahasa, P., Indonesia, S., & Indonesia, S. (2015). Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. November 2012, 22–26.

Putri, N., Afifah, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7170–7175.

Ristilana, N. &. (2021). Pendidikan Multikultural. Pekanbaru: CV. Asa Riau.

Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200

Sapriya. (2019). Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sulaswari, M. (2018). Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Mata Pelajaran Ips (Studi Kasus Smp Muhammadiyah 5 Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah). Jurnal IJTIMAIYA, 2(2), 32–51.

Supardi, S. (2014). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 91–99. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2621

Susanto. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Prasindo.

Wardana &, A. D. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Pare-pare. CV. Kaffah Learning Center.

Yaqin, A. (2005). Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta : Nuansa Aksara.

Susanto. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah Isu, Gagasan danStrategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Prasindo




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i1.21593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: