PENGARUH PENGGUNAAN GADGET PADA PERILAKU BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMAN 1 POLOKARTO SEBAGAI GENERASI MILLENIAL (DIGITAL NATIVE)
Abstract
Abstrak: Gadget memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, bahkan telah merambah kaum millenial (digital native), salah satunya dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gadget dan pengaruhnya terhadap perilaku belajar geografi siswa SMAN 1 Polokarto sebagai generasi millenial (digital native). Metode yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan sampel 114 responden dan teknik pengambilan data simple random sampling. Hasil analisis penggunaan gadget siswa SMAN 1 Polokarto berdasarkan indikator pembelajaran siswa (42%), penggunaan (53%), dan penerapan (47%) termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya, perilaku belajar siswa pada indikator kemampuan (57%), sikap (50%), dan pemahaman (57%) yang termasuk kategori sedang. Hasil uji korelasi Pearson product-moment, diperoleh nilai sig (2-tailed) 0.000 > 0.05, maka diperoleh bahwa keduanya memiliki pengaruh sebesar 0.407 atau 40,7%. Terdapat hubungan positif antara variabel penggunaan gadget dengan variabel perilaku belajar. Adanya penggunaan gadget dengan perilaku belajar yang baik, diharapkan terjadi perubahan dan peningkatan dalam pembelajaran geografi sehingga siswa dapat belajar dengan antusias melalui gadget.
Abstract: Gadgets have various functions and uses and have even penetrated millennials (digital natives), one of which is the world of education. This study aims to determine the use of gadgets and their influence on the geography learning behavior of SMAN 1 Polokarto students as a millennial generation (digital native). The method used was a quantitative type with a sample of 114 respondents and a simple random sampling data collection technique. The results of the analysis of the use of gadgets by SMAN 1 Polokarto students based on student learning indicators (42%), use (53%), and application (47%) are included in the medium category. Furthermore, students' learning behavior is in the indicators of ability (57%), attitude (50%), and understanding (57%) which are in the medium category. The results of the Pearson product-moment correlation test, obtained a sig value (2-tailed) of 0.000 > 0.05, so it was obtained that the two influenced 0.407 or 40.7%. There was a positive relationship between the variable of gadget use and the variable of learning behavior. The use of gadgets with good learning behavior, it is hoped that there will be changes and improvements in geography learning so that students can learn enthusiastically through gadgets.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, H., Maulana, I. T., Rahmelina, L., & Firdian, F. (2020). Implementasi teknologi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 86-94.
Ariyanti, A. P., Fitriana, I., Alleyda, Z., Rahmadi, A. D., Syafarudinnoor, M., & Dewi, R. P. (2023). Kajian Self Awareness dan Strategi Belajar Bencana Erupsi Gunungapi Merapi Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Muntilan. Media Komunikasi FPIPS, 22(2), 141-150.
Azizah, N. N., & Dewi, R. P. (2023). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self Eficacy Terhadap Pengetahuan Peserta Didik Pada Materi Mitigasi Bencana Di SMA Negeri 1 Ampel Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
A'yun, R. W., dkk. (2021). Dampak Gadget terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Tingkat SD/MI. In Seminar Nasional PGMI (pp. 555-568).
Erlizah, E. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAGI MAHASISWA SEMESTER III PRODI PAI JURUSAN TARBIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS UIN FAS BENGKULU (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Fajriana, W. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Google Earth Tehadap Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Materi Letak Negara-Negara ASEAN Siswa MTs (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Garini dalam Isna Nadhila, (2013). Mempermudah Hidup Manusia Dengan Teknologi Modern, (Jakarta:Penamadani), hlm.13
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4 (2).
Hutauruk, G. M., & Siahaan, R. D. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Wadah Ilmiah Penelitian Pengabdian untuk Nommensen, 1(1), 15-20.
Indraswari, P. P. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Belajar Pada Siswa SMA Rama Sejahtera Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kumalawati, R., Riadi, S., & Febriyan, G. M. S. (2020). Pemanfaatan Data Geospasial dalam Proses Pembelajaran Geografi Pada Kondisi Bencana Covid-19. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 1(1), 20-29.
Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan pemahaman anak melalui edukasi dampak penggunaan gawai berlebih. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 264-272.
Maistara, M. R., & Dewi, R. P. (2023). Efektivitas Media Video 3d Gunung Api Berbasis SIG Dalam Materi Vulkanisme Sebagai Dasar Pengetahuan Kebencanaan Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurmalasari, N., & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 211-218.
Ramadhana, A. E., Supratno, H., & Lodra, I. N. (2020). Liminalitas Pembelajaran Seni Budaya yang Berkelanjutan Dalam Era Digital native. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 667-683.
Riko, R., Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2020). Penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran di sekolah menengah pertama. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 258-266.
Rosiyanti, Hastri dan Mutmainnah, Rahmita Nurul. (2018). Penggunaan Gadget sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol.4(1). Diperoleh https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/download/2750/2360 (diunduh 17 Juli 2023).
Sari, M. I. (2018). “Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabupaten Malang”. Skripsi. Malang: Program Strata Satu Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Setyaningsih, T., & Wardhani, P. I. (2021). Sytematic Literature Review: Pemanfaatan Media Interaktif Google Earth Dalam Mata Pelajaran Geografi.
Sukirman, S. (2017). Peningkatan atmosfer belajar siswa generasi digital native melalui pembelajaran berbasis game. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.
Syam, S. N. F., Amin, N. F., & Sultan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tallo. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 2227-2238.
Urrochman, A. A., & Wardhani, P. I. (2023). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Jarak jauh Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Klaten. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 8(1), 46-54.
Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan gawai dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156-163.
Wulandari, J. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget dan Kebiasaan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri dabin VI Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i2.24122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: