PENGARUH SELF-AWARENESS DAN PROSES BELAJAR TERHADAP PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Dewi Candra Ciptosari, Ratih Puspita Dewi, Siti Hadiyati Nur Hafida, Wahyu Widiyatmoko

Abstract


Abstrak: Kabupaten Bantul termasuk pada wilayah dengan risiko tinggi terhadap bencana gempa bumi, sehingga menimbulkan ancaman berbagai bidang salah satunya pada bidang pendidikan. Salah satu sekolah yang terletak di wilayah rawan gempa bumi adalah SMA Negeri 2 Banguntapan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menganalisis pengaruh self-awareness terhadap pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi, (2) pengaruh proses belajar terhadap pengetahuan bencana mitigasi gempa bumi, dan (3) menganalisis pengaruh self-awareness dan proses belajar secara bersama-sama terhadap pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi pada siswa di SMAN 2 Banguntapan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian korelasional (correlational research). Dari hasil analisis diperoleh: (1) self-awareness tidak mempengaruhi pengetahuan siswa mengenai mitigasi bencana gempa bumi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,068 > 0,05;. (2) proses belajar mempengaruhi pengetahuan siswa mengenai mitigasi bencana gempa bumi pada siswa. Hal tersebut dapat diketahui dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05;. dan (3) self-awareness dan proses belajar secara bersama-sama mempengaruhi pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi pada siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi siswa dapat dipengaruhi oleh self-awareness dan proses belajar secara bersama-sama.


Abstract:  Bantul Regency is an area with a high risk of earthquake disasters, thus posing threats in various fields, one of which is education. One of the schools located in an earthquake-prone area is SMA Negeri 2 Banguntapan. This research aims to (1) analyze the influence of self-awareness on knowledge of earthquake disaster mitigation, (2) the influence of the learning process on knowledge of earthquake mitigation disasters, and (3) analyze the influence of self-awareness and the learning process together on knowledge of earthquake disaster mitigation among students at SMAN 2 Banguntapan. The type of research used in this research is quantitative. The research design used is a correlational research design. From the results of the analysis it was obtained: (1) self-awareness does not affect students' knowledge regarding earthquake disaster mitigation. This can be proven by a significance value of 0.068 > 0.05;. (2) the learning process influences students' knowledge regarding earthquake disaster mitigation among students. This can be seen with a significance value of 0.000 <0.05; And. (3) self-awareness and the learning process together influence students' knowledge of earthquake disaster mitigation. This is proven by a significance value of 0.000 <0.05.  Students' knowledge of earthquake disaster mitigation can be influenced by self-awareness and the learning process together.



Keywords


Self-Awareness; learning process; Earthquake Mitigation

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. Y. A., Amalia, R. M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan Relijiusitas dengan Self Awareness Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) UAI. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(4), 265. https://doi.org/10.36722/sh.v4i4.304

Alif Hanugrah Insan Nanda Pratama, Heridadi, Lasmono, Pujo Widodo, Herlina Juni Risma Saragih, & Dimas Raka Kurniawan Putra. (2022). Analisis Bahaya dan Risiko Bencana Gempa Bumi di Provinsi Bengkulu Menggunakan Tata Ruang dan InaRISK. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6917–6924.

Ambarwati, N. (2019). Pengaruh Pelatihan Kebencanaan Terhadap Pengetahuan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Tanah Longsor. Universitas Airlangga.

Andi Fitriani Djollong. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100.

Atmojo, S., & Muhandis, I. (2019). Sistem Informasi Geografis Bencana Gempa Bumi Dengan Pendekatan PGA Untuk Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(1), 10–14.

Azizah, N. N. (2023). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self Efficacy Terhadap Pengetahuan Peserta Didik Pada Materi Mitigasi Bencana Di SMA Negeri 1 Ampel Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darsini, Fahrurrozi, & Eko Agus Cahyono. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 95–107. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/96

Dennis F. Niode, Yaulie D.Y. Rindengan, & Stanley D.S. Karouw. (2016). Geographical Information System (GIS) untuk Mitigasi Bencana Alam Banjir di Kota Manado. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 5(2), 14–20. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/11646

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak . Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48.

Kurniawati, D. (2020). Komunikasi Mitigasi Bencana sebagai Kewaspadaan Masyarakat Menghadapi Bencana. Jurnal Simbolika : Research and Learning in Communication Study, 6(1), 51–58. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.3494

Kusyairi, A., & Addiarto, W. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Self Awareness Masyarakat Dalam Melakukan Mitigasi Bencana Di Area Rawan Bencana Gunung Bromo Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 2(2). https://doi.org/10.33006/ji-kes.v2i2.110

Ningtyas, B. A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Warga Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor Di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun 2014. Universitas Negeri Semarang.

Nur, A. M. (2010). Gempa Bumi, Tsunami dan Mitigasinya. Jurnal Geografi, 7(1), 66–73.

Rais, I. L. N., & Somantri, L. (2021). Analisis Bencana Gempa Bumi dan Mitigasi Bencana Di Daerah Kertasari. Jurnal Samudra Geografi, 4(2), 14–19. https://doi.org/10.33059/jsg.v4i2.3773

Oktavia R. N. Sinaga. (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Perawatan Luka Perineum di Klinik Mariana Sukadono Medan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth.

Rafika Ulfa. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan . Al-Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 342–351.

Rahayu, H. T., Hudha, A. M., & Umah, U. S. (2015). Perbandingan Self-Awareness Pola Konsumsi Makanan dan Olahraga Dengan Riwayat Keluarga Memiliki dan 15 Tidak Memiliki Diabetes Melitus Tipe II pada Mahasiswa PSIK UMM. Jurnal Keperawatan, 6(1), 15–26.

Ririn Handayani. (2020). Metodologi Penelitian Sosial (1st ed.). Trussmedia Grafika.

Saputri, S. (2021). Hubungan Antara Kesadaran Diri (Self-awareness) Dengan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Suwaryo, P. A. W., & Yuwono, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 305–314.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i2.24156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: