PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DALAM MITIGASI BENCANA ALAM DI JAKARTA TIMUR

Amelia Juliana Savitri, M.B. Ali Sya’ban, Fadiarman Fadiarman

Abstract


Abstrak: Indonesia sering mengalami bencana alam yang mengganggu tatanan kehidupan masyarakat. Jakarta Timur menjadi daerah yang terdampak bencana alam. Bencana alam seringkali menimpa kelompok penyandang disabilitas yang menjadi kelompok rentan terhadap bencana. Hal ini dikarenakan penyandang disabilitas kurang mendapatkan pendidikan mitigasi bencana dan persiapan secara individual. Minimnya pengetahuan mitigasi bencana bagi kelompok disabilitas menyebabkan mereka memiliki risiko yang lebih tinggi dan menjadi korban bencana alam. Upaya pengurangan dampak bencana alam diperlukan dengan dibutuhkannya dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak. Dibutuhkan adanya pendidikan inklusif bagi penyandang disabilitas dengan wawasan dan kemampuan dalam menghadapi bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pembelajaran inklusif bagi penyandang disabilitas dalam menghadapi bencana alam. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling dan mewawancarai pembimbing di lokasi penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyandang disabilitas memerlukan bantuan dalam menghadapi bencana alam dan membutuhkan pendidikan inklusif yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus. Diperlukan adanya pengembangan model pembelajaran yang membantu upaya mitigasi bencana. Implementasi penelitian ini adalah adanya program-program edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus bagi penyandang disabilitas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, mengurangi kerusakan dan meminimalisir korban bencana alam.

 

Abstract:  Indonesia often experiences natural disasters that disrupt people's lives. East Jakarta is an area affected by natural disasters. Natural disasters often affect groups of people with disabilities who are vulnerable to disasters. This is because people with disabilities receive less education on disaster mitigation and individual preparation. The lack of knowledge about disaster mitigation for disabled groups causes them to have a higher risk of becoming victims of natural disasters. Efforts to reduce the impact of natural disasters require support and participation from various parties. There is a need for inclusive education for people with disabilities with insight and ability to deal with disasters. The aim of this research is to implement inclusive learning for people with disabilities in dealing with natural disasters. The method used was purposive sampling and interviewing supervisors at the research location. The research results concluded that people with disabilities need assistance in dealing with natural disasters and need inclusive education tailored to their special needs. There is a need to develop learning models that help disaster mitigation efforts. The implementation of this research is the existence of educational programs tailored to the special needs of people with disabilities to increase preparedness in facing disasters, reduce damage and minimize victims of natural disasters.


Keywords


Vulnerability Identification; Disaster mitigation; Persons with Disabilities

Full Text:

PDF

References


Dahlia, S., & Fadiarman, F. (2020). Analisis Risiko Banjir Terhadap Fasilitas Pendidikan Di Dki Jakarta. Jurnal Geografi Gea, 20(2), 185-196.

Hayati, A., Bararatin, K., Rizqiyah, F., Defiana, I., & Erwindi, C. (2021). Mitigasi Bencana bagi Masyarakat Penyandang Disabilitas. SEWAGATI, 5(3), 286–294. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i3.62

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 94–102. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/407

Johan, A. E., Sayekti, I. C., Susilawati, S. A., & Pramudita, D. A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Book Mitigasi Bencana Gempa Bumi untuk Disabilitas Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5193–5202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3080

Juwantara, R. A. (2020). Pemenuhan Hak Difabel di UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Inklusi, 7(2), 253. https://doi.org/10.14421/ijds.070204

Maharani, D., Putri, D. A., Ansari, S. A., Setiawan, K., & Afifuddin, M. (2020). Monopoli bencana (monca) sebagai media edukasi mitigasi bencana bagi penyandang disabilitas netra. 275.

Martini. (2011). Identifikasi Sumber Bencana Alam Dan Upaya Penanggulangannya Di Sulawesi Tengah. Jurnal Infrastruktur, Tekni SIpil Universitas Tadulako, Palu., 1, 96–102. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JTSI/article/view/689/593

Muhammad, Z. (2020). Peningkatan Ketangguhan Masyarakat Terhadap Bencana Tsunami Dengan Menggunakan Metode Simulasi. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v6i1.212

Notoprayitno, M. I., Hukum, F., & Trisakti, U. (2021). DISABILITAS ( Well-Founded Fear within Refugees with Disabilities ). 3, 35–44.

Putra, A. W. S., & Podo, Y. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat dalam mitigasi bencana alam tanah longsor. Urecol 6th, 305–314. http://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/1549

Ramdani, M., & Alifah, A. N. (2022). Rumah Tahan Gempa Berkonstruksi Bambu Sebagai Metode Mitigasi Bencana Masyarakat Garut. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(5922), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.518

Rohmah, A. (2017). Penyusunan Buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Berbasis Braille Sebagai Pengetahuan Awal Mitigasi Bencana Alam Bagi Siswa Tunanetra Di SLB Negeri Semarang. Repository Universitas Negeri Semarang.

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896-7905.

Sya’Ban, A. (2005). Teknik analisis data penelitian. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i2.24962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: