PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PADLET DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS XI DI SMAN 1 BULULAWANG

Nikmatussolihah Nikmatussolihah, Adip Wahyudi

Abstract


Abstrak: Prestasi akademik dan aktivitas dalam belajar geografi siswa kelas XI IPS 01 masih tergolong rendah. Permasalahan tersebut memerlukan upaya guru dalam meningkatkan kualitas dari pembelajaran geografi dengan tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan pembelajaran geografi melalui media padlet dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi akademik pada siswa XI IPS 01 di SMAN 1 Bululawang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan rerata nilai persentase aktivitas dalam belajar siswa, yaitu pra siklus diperoleh nilai 34% (kurang baik), siklus I memperoleh nilai 73% (baik), siklus II mencapai nilai 93% (sangat baik) sehingga dapat dinyatakan jika penelitian ini berhasil. Hasil belajar siswa di kelas XI IPS 01 memperoleh nilai rerata pada pra siklus sebesar 69 dengan tingkat ketuntasan 49%, siklus I diperoleh nilai 76 dengan tingkat ketuntasan 71%, dan siklus II mencapai nilai 92 dengan tingkat ketuntasan 97% sehingga penelitian dapat dinyatakan berhasil. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media padlet pada pembelajaran geografi mampu meningkatkan aktivitas dalam belajar dan prestasi akademik siswa.

Abstrak: Prestasi akademik dan aktivitas dalam pembelajaran geografi bagi siswa kelas XI IPS 01 masih tergolong rendah. Permasalahan ini membutuhkan upaya guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geografi melalui tindakan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran geografi melalui media padlet untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi akademik pada siswa XI IPS 01 di SMAN 1 Bululawang. Metode penelitian ini merupakan class action research yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase nilai aktivitas pada siswa yang belajar yaitu, pra siklus memperoleh nilai 34% (tidak baik), siklus I mendapatkan nilai 73% (baik), siklus II mencapai nilai 93% (sangat baik) sehingga dapat dinyatakan jika penelitian ini berhasil. Hasil belajar siswa kelas XI IPS 01 memperoleh nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 69 dengan tingkat ketuntasan sebesar 49%, siklus I memperoleh nilai 76 dengan tingkat ketuntasan sebesar 71%, dan siklus II mencapai skor 92 dengan tingkat kelengkapan 97% sehingga penelitian dapat dinyatakan berhasil. Melalui hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media padlet dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan kegiatan belajar dan prestasi akademik siswa.


Keywords


Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Media Padlet

Full Text:

PDF

References


Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Education Research, 5(1), 807–814.

Al-Fitrie, A. L., Solihatin, E., & Kustandi, C. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital dengan Pendekatan Collaborative Learning Menggunakan Padlet untuk Meningkatkan Writing Skills Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1045. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9060

Amer, N., Wan Mohamed, W. M., Wahidin, I. S., & Jaafar, R. E. (2024). Undergraduate students’ engagement: a case of Padlet. International Journal on E-Learning and Higher Education, 19(2), 417–432. https://doi.org/10.24191/ijelhe.v19n2.19225

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Cahyani, V. D., & Pranata, O. D. (2023). Studi Aktivitas Belajar Sains Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 137–148. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i2.317

Darmayanti, L. E., Suarni, N. K., & Arnyana, I. B. P. (2021). Pengembangan Tes Hasil Belajar Ips Dan Kuesioner Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.274

Dimyanti, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, I. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Hamna, & BK, M. K. U. (2022). Dilematism: Principal’s Managerial Strategies in Realizing the Covid-19 Vaccination Program in Elementary School. Jurnal Madako Education, 8(1), 70–79.

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi project based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129

Melya, N., Sahabuddin, E. S., & Junaid, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Global Journal Teaching Professional, 3.

Narimawati, U., Pertiwi, P., & Sulaeman, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Mahasiswa pada Materi Teks Prosedur pada Mahasiswa Unikom. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4714–4719. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1107

Nofrion, N., Febriani, R. D., Utomo, E. P., Aziz, S. Al, Yuca, V., & Purwanto, S. (2022). Pelatihan untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Mengelola Interaksi dan Aktivitas Belajar Daring Menggunakan Aplikasi Padlet. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 281. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.281-294.2022

Nurhasanah, & Gunawan, H. (2023). Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al- Quran Hadis Online Pada Masa Covid-19 Di Mi Al- Ikhsan Pertumbukan. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(April), 55–61.

Qur’ani, B. (2023). Belajar dan Pembelajaran (I. Hamsar (ed.)). Makassar: Tahta Media Group.

Rivaldi, A., & Yunisrul. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies (JBES), 5(4), 224–229. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17366

Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1), 33–43. https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.210

Septiani, G. I., & Kurniawati, T. (2023). Pengaruh Aktivitas Media sosial Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA 1 Pertiwi Padang Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7217–7227. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7373

Siti Anisa Hidayati, Sudarti, S., & Rif’ati Dina Handayani. (2022). Pengaruh Pengaruh Kemampuan Literasi Sains terhadap Minat Belajar Materi Pewarisan Sifat sebagai Evaluasi dalam Pembelajaran pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1210–1216. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.766

Twiningsih, A. (2023). Penggunaan Media Padlet Berbasis Gamifikasi Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan …, November, 1–8. https://jurnal.bbgpjateng.id/index.php/edutrans/article/view/9%0Ahttps://jurnal.bbgpjateng.id/index.php/edutrans/article/download/9/5

Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., Khaerul, M., & Bk, U. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and Technological Innovations for Classroom Learning After School Reopening. Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(7), 13141–13150.

Widayati, Y. S. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar Dengan Media Padlet Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Kuliner 3 Smk Negeri 2 Boyolangu. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(4), 221–230. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i4.2604

Widyanto, P., Wardani, N. S., & Permana, I. (2021). Pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan padlet untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 60–65.

Wulandari, E. rian, Listiani, I., & Khotijah, S. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pandak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1481–1490.

Zagoto, H., & Harefa, D. (2023). Analisis peran guru pada proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 85–98.




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i2.25803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: