PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN SOCIAL AWARENESS MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah efektivitas pembelajaran yang kurang optimal, yang disebabkan oleh kecenderungan siswa yang lebih menyukai metode pembelajaran interaktif dan fisik. Dengan didasari masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi role playing yang digunakan sebagai model pembelajaran yang interaktif dalam mengimprovisasi kemampuan yang dimiliki siswa khususnya literasi dan social awareness tentang mitigasi bencana gempa bumi. Classroom action research merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengacu pada model Kurt Lewin. 11 siswa terlibat dalam penelitian ini dengan komposisi 8 siswa putra dan 3 siswa putri. Tes yang terdiri dari 20 soal yang mengukur kemampuan literasi dan social awareness terkait materi bencana gempa bumi digunakan sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Rata-rata skor tes siswa menunjukkan adanya peningkatan sebesar 34,09 poin dari tahap pra-siklus ke siklus pertama, dengan persentase peningkatan sebesar 78,13%. Temuan pada penelitian kali ini juga menunjukkan improvisasi yang lebih masif pada social awareness siswa dibandingkan kemampuan litersi siswa ketika role playing diimplementasikan sebagai model pembelajaran. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi role playing yang digunakan sebagai model pembelajaran yang interaktif dapat mengimprovisasi kemampuan yang dimiliki siswa khususnya literasi dan social awareness tentang mitigasi bencana gempa bumi.
Abstract: We conducted this research to address the issue of suboptimal learning effectiveness, which stems from students' preference for interactive and physical learning methods. Based on these problems, this research aims to evaluate the implementation of role playing, which is used as an interactive learning model to improve students' abilities, especially literacy and social awareness regarding earthquake disaster mitigation. Classroom action research is the method used in this research, referring to Kurt Lewin's model. 11 students were involved in this research, with a composition of 8 male students and 3 female students. A test consisting of 20 questions measuring literacy skills and social awareness related to earthquake disaster material was used as a data collection technique in this research. The average student test score showed an increase of 34.09 points from the pre-cycle stage to the first cycle, with an increase percentage of 78.13%. The findings in this research also show that improvisation is more massive in students' social awareness compared to students' literacy skills when role-playing is implemented as a learning model. Based on these findings, it can be concluded that the implementation of role playing is used as an interactive learning model can improve students' abilities, especially literacy and social awareness regarding earthquake disaster mitigation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afidah, S., Wardhani, I. S. K., William, N., Pratiwi, D. J., & Puspasari, Y. (2023). Pengaruh Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Literasi Finansial Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Tawing. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.593
Alfi, C., & Wibangga, D. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dengan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMAN 2 Malang. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(4), 768. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i4.833
Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2018). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212–221. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=j5EmEAAAQBAJ
Arinta, R. R., Emanuel, A. W. R., & Suyoto, S. (2020). Effectiveness of gamification for flood emergency planning in the disaster risk reduction area. International Journal of Engineering Pedagogy, 10(4), 108–124. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i4.13145
Ashcroft, J., Byrne, M. H. V., Brennan, P. A., & Davies, R. J. (2021). Preparing medical students for a pandemic: A systematic review of student disaster training programmes. Postgraduate Medical Journal, 97(1148), 368–379. https://doi.org/10.1136/postgradmedj-2020-137906
Baron-Cohen, S. (2015). The Science of Empathy and the Myth of the First-Person Perspective. MIT Press.
Bernados Jr, S., & Ocampo, L. (2024). Exploring the role of social capital in advancing climate change mitigation and disaster risk reduction. Community Development, 55(4), 470–490. https://doi.org/10.1080/15575330.2023.2253316
Deutsche, Welle. (2019)The Role of Social Awareness in Disaster Response.
Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Arti Bumi Intaran.
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 94–102.
Jørgensen, P., Nielsen, B., & Larsen, K. (2020). Social Awareness and Community Response to Natural Disasters. Journal of Disaster Management. Journal of Disaster Management, 18(2), 215–230.
Lazrus, H., Morss, R. E., & Demuth, J. L. (2021). Enhancing Community Resilience to Natural Hazards through Collaboration between Disaster Literacy and Social Awareness. Journal of Disaster Management, 15(2), 45–62.
Naryanto, H. S. (2021). Analisis Risiko Bencana Gempa di Kabupaten Serang. Jurnal ALAMI : Jurnal Teknologi Reduksi Risiko Bencana, 4(2), 114–123. https://doi.org/10.29122/alami.v4i2.4541
Nugroho, H. (2020). Mitigasi Bencana Berbasis Literasi. International Journal of Disaster Risk Reduction.
Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 101 Tahun 2018. (n.d.). Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 101 Tahun 2018.
Proulux, K., & F. A. (2019). Disaster Risk Reduction in Early Childhood Education: Effects on Preschool Quality and Childs Outcomes. International Journal of Educational Development, 66.
Putry Agung, Y. D. A. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Metode Bermai Peran di TK Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung Putry Agung STKIP Al Islam Tunas Bangsa , Bandar Lampung Yulistyas Dwi Asmira STKIP Al Islam Tunas Bangsa. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–158. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.195
Rachmawati, D., & Hanifa, R. (2021). Literasi Bencana Dan Kesiapsiagaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Bencana.
Satrio. (2019). Buku Saku (Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana). Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.
Shah, A. A., Gong, Z., Pal, I., Sun, R., Ullah, W., & Wani, G. F. (2020). No TitleDisaster risk management insight on school emergency preparedness–a case study of Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. International Journal of Disaster Risk Reduction, 51, 101805. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101805
Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan mitigasi bencana di sekolah dasar: Sebuah kajian analisis etnopedagogi [Disaster mitigation education in elementary schools: An ethnopedagogical analysis study]. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18. https://doi.org/10.26737/Jpdi.V2i2.327
Sundari, U. F. K. M. (2022). Pengaruh Kegiatan Bermain Peran Terhadap Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Kecamatan Panimbang. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 113–125.
Supartoyo. (2016). Katalog Gempa bumi merusak Di Indonesia tahun 2015 (GEOMAGZ, 6). Badan Geologi KESDM.
Susilowati, D. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(1), 29–39. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Tsai, M. H., Chang, Y. L., Shiau, J. S., & Wang, S. M. (2020). Exploring the effects of a serious game-based learning package for disaster prevention education: The case of Battle of Flooding Protection. International Journal of Disaster Risk Reduction, 43, 101393. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101393
Wardani, N. A. (2016). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 908–914.
Wijaya, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 16–20. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1988
Williams, J., Smith, K., & Brown, L. (2020). Enhancing Community Resilience through Role Playing. Journal of Disaster Risk Reduction, 24(3), 75–88.
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v12i2.26209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: