LEARNING STYLE TENDENCY OF HIGH SCHOOL STUDENT IN GEOGRAPHY SUBJECT IN SAMARINDA
Abstract
Gaya belajar merupakan salah satu karakteristik belajar yang berkaitan dengan kemampuan menyerap,mengolah, dan menyampaikan informasi. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting dan setiap siswa memiliki keenderungan gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kecenderungan gaya belajar siswa SMA pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Samarinda dengan jumlah populasi 600 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan jumlah sampel 90 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 36 siswa (40%) memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial, sebanyak 32 siswa (35,5%) memiliki gaya belajar visual,dan sebanyak 22 siswa (24,4%) memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kecenderungan gaya belajar siswa lebih banyak pada tipe gaya belajar auditorial atau menyenangi cara belajar yang mengutamakan pendengaran atau mendengarkan. Sehingga guru sebaiknya menyediakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengarah pada tipe gaya belajar tersebut agar hasil belajar maksimal.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alaydrus, M. F. (2020). Penerapan Model Gaya Belajar di Sekolah. El MUBTADA: Journal Of Elementary Islamic Education, 2(1), 13–24.
Daljoeni, N. (2014). Pengantar Geografi. Ombak.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum learning:Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Kaifa.
Elis, Ulfah, M., & Achmadi. (2017). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18272/15434
Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(2), 141–158. http://digilib.unimed.ac.id/683/1/Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat.pdf
Hamsar. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah Alaudin Pao Pao [UIN Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4653/1/Hamsar.pdf
Lestari, S. (2016). Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar ips siswa kelas IV SD GUGUS R.A. Kartini Semarang [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29287
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Tarsito.
Pasya, G. K. (2002). Geografi Pemahaman Konsep dan Metodologi. Buana Nusantara.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 33 (2003). http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Rizqi, A. (2015). Gaya belajar siswa SMK PIRI 1 Yogyakarta (Studi pada Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan) [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22067
Sarjono, D., Banowati, E., & Hardati, P. (2015). Peranan Kelas Belajar terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Kelompok Tani di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 11–21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/13746
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdikarya.
Suhardjono, S. (2015). Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(2), 136–148. https://doi.org/10.21009/parameter.272.05
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 84–95. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v9i1.4148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: