ANALISIS STRATEGI DAN DAMPAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG BERKELANJUTAN DI DAERAH TERPENCIL PADA BIDANG PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak: Pengembangan bidang pendidikan hingga saat ini masih menjadi perhatian pemerintah, khususnya pendidikan di daerah terpencil. Tentunya peran pemerintah perlu dibantu dengan partisipasi masyarakat luas yang salah satunya adalah Gerakan Indonesia Mengajar. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui strategi dan dampak program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Pengajar Muda Indonesia Mengajar di Kabupaten Paser. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pemberdayaan ini berfokus pada bidang pendidikan melalui pendekatan pembelajaran sekolah dan terlibat dengan aktivitas masyarakat setempat serta membantu membangun jejaring dengan berbagai stakeholder lain. Program yang berlangsung selama 5 tahun sejak tahun 2010-2015, ternyata dampak dan manfaatnya masih berkelanjutan hingga saat ini. Temuan ini juga membuktikan bahwa program yang terencana dan melibatkan kolaborasi multi stakeholder berdampak jangka panjang, yaitu mampu membangun keberdayaan masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Abstract: The development of the education sector is still a concern of the government, especially education in remote areas. Of course, the role of the government needs to be assisted with the participation of the wider community, one of which is the Indonesian Teaching Movement. The purpose of this study is to determine the strategy and impact of sustainable community empowerment programs in the field of education carried out by Young Indonesian Teaching Teachers in Paser Regency. This research was conducted using a qualitative approach with case studies. The results of the study indicate that this empowerment activity focuses on the field of education through a school learning approach and is involved with local community activities and helps build networks with various other stakeholders. The program which lasted for 5 years from 2010-2015, it turns out that the impact and benefits are still ongoing today. This finding also proves that a program that is planned and involves multi-stakeholder collaboration will have a long-term impact, able to build community empowerment so that it has an impact on improving the quality of life of the community.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, I. R. (2012). Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. PT RajaGrafindo Persada.
Ahmad, S. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154
Amelia, S., Sos, S., Si, M., Kom, S. I., Si, M., & Society, A. C. (2015). Making a Difference through Civil Society: Result of Five Years Implementation of “Indonesia Mengajar” Movement. 25–27. https://doi.org/10.15242/icehmed915014
An, S., Chambon, A., & Köngeter, S. (2016). Transnational histories of social work and social welfare – An introduction. Transnational Social Review, 6(3), 236–241. https://doi.org/10.1080/21931674.2016.1222788
Arifin, N. R. D. (2016). Analisis Konsep Komunikasi Pada Metode Mengajar Oleh Pengajar Muda Dalam Program Indonesia Mengajar. Universitas Lampung.
BPS. (2021a). Badan Pusat Statistik Kabupaten Paser. Badan Pusat Statistik Kabupaten Paser.
BPS. (2021b). INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA 2020. Badan Pusat Statistik.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research.
Ife, J. (2013). Community Development In An Uncertain World. Cambridge University Press.
Indonesiamengajar. (2016). Laporan Akhir program Indonesia Mengajar: 2015.
Indonesiamengajar.org. (n.d.). Bagaimana Kami Bekerja - Indonesia Mengajar.
Irawati, H. A. D. W. G. P. (2021). Modal Sosial Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Kaitan Tingkat Kemajuan Desa. 9(1), 2–4.
Karindra, M. Z. (2013). Makna Program Indonesia Mengajar Bagi Pengajar Muda. Universitas Padjajaran.
Mudiarta, K. G. (2016). Perspektif dan Peran Sosiologi Ekonomi dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(1), 55. https://doi.org/10.21082/fae.v29n1.2011.55-66
Neuman, W. L. (2013). Social Research Method: Qualitative and Quantitative Approaches. Allyn & Bacon.
Nurwan, T. W. H. H. (2020). Keberhasilan PKH ditinjau dalam kaitannya dengan Keterampilan Pendamping dan Partisipasi KPM: Studi di Sijunjung Sumatera Barat. Sosiokonsepsia, v. 10, n. . https://doi.org/https://doi.org/10.33007/ska.v10i1.2035.
Quimbo, M. A. T., Perez, J. E. M., & Tan, F. O. (2018). Community development approaches and methods: Implications for community development practice and research. Community Development, 49(5), 589–603. https://doi.org/10.1080/15575330.2018.1546199
Rahmadi, I. F. (2020). Pendidikan Di Daerah Kepulauan Terpencil: Potret Siswa, Guru, Dan Sumber Belajar. 7(1), 61–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.756
Rahman, I. F., & Anugrahini, T. (2021). Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Peran dan Kebermanfaatan NGO Indonesia Mengajar dalam Mengembangkan Human Capital di Desa Labuangkallo , Kabupaten Paser , Kalimantan Timur Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. JABT, 3, 72–89.
Sukoco, I., & Prameswari, D. (2017). Human Capital Approach To Increasing Productivity of Human Resources Management. AdBispreneur, 2(1), 93–104. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i1.12921
Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.
Watts, J. H., & Roberson, C. (2020). Social Research Methods. In Law and Society (pp. 81–110). https://doi.org/10.1201/b16015-6
Yanto, A. G., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar Di Daerah Tertinggal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 72–83. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p71
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v9i2.5155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: