EVALUASI PELAKSANAAN FORMULASI KEBIJAKAN ANGGARAN PENDIDIKAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan formulasi kebijakan anggaran pendidikan pada lingkup pemerintah daerah yaitu Kabupaten Lombok Tengah dengan mengembangkan metode evaluasi shadow control. Data penelitian diperoleh dari administrative records, direct observations of program operation, interviews with participants and interviews with relevant context serta dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap formulasi kebijakan anggaran pendidikan di Lombok Tengah meliputi problem identification, agenda setting, policy formulation, policy decision dan policy legitimation. Formulasi menggunakan pendekatan participatory planning, technocratic planning dan political planning yang diikuti oleh aktor resmi (pemerintah) dan tidak resmi (interest group, perguruan tinggi, LSM, media massa dan warga secara individu) dengan preferensi keterlibatan berbeda. Output formulasi berupa dokumen kebijakan anggaran (KUA, PPA, RKA-SKPM, RAPBD, APBD dan DPA Pendidikan) dan menjadi acuan tahap berikut, cenderung menjadi dokumen private dan nyaris tanpa sosialisasi. Guna memaksimalkan proses formulasi, education planner dapat melakukan analisis capaian kinerja tahun lalu, membuat benchmark dengan pendekatan asset based approach meminimalisir kepentingan dan keuntungan pihak atau golongan tertentu, menghindari intervensi politik yang berlebihan, menutup peluang mark up anggaran serta memperhatikan keterlibatan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifah, U. (2018). Kebijakan Publik dalam Anggaran Pendidikan. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 2(1), 17–37. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v2i1.37
Ayumiati. (2018). Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Dprd) Dalam Pengawasan Keuangan Daerah. Dusturiyah: Jurnal Hukum Islam, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosial, 7(2), 49–66. https://doi.org/10.22373/dusturiyah.v7i2.3257
Bappenas. (2012). Peran Masyarakat Adat Dalam Perumusan Kebijakan Publik. Laporan Akhir Kajian Tahun 2012. In Kementerian PPN/Bappenas.
Baron, K. M. (2021). Informal and Private: Bargaining and Veto Threats over the Freedom of Information Act. Congress and the Presidency. https://doi.org/10.1080/07343469.2021.1922540
Barrett, D., & Twycross, A. (2018). Data collection in qualitative research. Evidence-Based Nursing, 21(3), 63–64. https://doi.org/10.1136/eb-2018-102939
Berger, C. R., & Roloff, M. E. (2019). Interpersonal communication. An Integrated Approach to Communication Theory and Research, Third Edition, 1(1), 277–291. https://doi.org/10.4324/9780203710753-24
Bernstein, B. J., Allison, G., & Zelikow, P. (1999). Essence of Decision. Foreign Policy. https://doi.org/10.2307/1149596
Bjurulf, S., Vedung, E., & Larsson, C. G. G. (2013). A triangulation approach to impact evaluation. Evaluation, 19(1), 56–73. https://doi.org/10.1177/1356389012472248
Blomkamp, E., Sholikin, M. N., Nursyamsi, F., Lewis, J. M., & Toumbourou, T. (2018). Understanding Policymaking in Indonesia : In KSI Working Paper (1st ed., Issue 26). https://www.ksi-indonesia.org/assets/uploads/original/2020/03/ksi-1585501090.pdf
Dye, T. (2014). Top Down Policymaking. In Top Down Policymaking. CQ Press. https://doi.org/10.4135/9781483330150
Fransisca, A. N., Hubah, S. V., & Handaka, R. D. (2021). Manajemen Perencanaan Refocusing Anggaran Melalui Mbo Dalam Penanganan Perekonomian Di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 193–203. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.961
Goldsmith, M. (2015). Thomas R. Dye, “Politics, Economics and the Public: Policy Outcomes in the American States.” The Oxford Handbook of Classics in Public Policy and Administration, April 2018, 1–15. http://www.oxfordhandbooks.com/view/10.1093/oxfordhb/9780199646135.001.0001/oxfordhb-9780199646135-e-21?print=pdf
Hardiyati, M., & Baroroh, U. (2019). Pendidikan Perspektif Al-Quran (Studi Tafsir Tarbawi Karya Ahmad Munir). Jurnal Penelitian, 13(1), 97–122.
Hayati, F. (2019). Compulsory Education Dan Sistem Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume, 3, 39–56.
Indrawati. (2012). Prinsip Good Financial Governance. XVII(3), 201–211. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.30742/perspektif.v17i3.109
Jaweng, R. N. A., R., & E.E., Suparman, N., Hasibuan, S. N., Mangiri, D., and T. (2020). Realokasi Anggaran dan Penyesuaian ( Refocusing ) Program : Tantangan dan Respons Pemerintah Daerah Hadapi Pandemi. In United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLG ASPAC) & APEKSI.
Junaidi, M., Sukarna, K., Arifin, Z., & Soegianto, S. (2020). Kebijakan Refocusing Anggaran Belanja Daerah dalam Penanganan Pandemi COVID-19. Halu Oleo Law Review, 4(2), 145. https://doi.org/10.33561/holrev.v4i2.14096
Lubis, A. (2013). Pelaksanaan Standar Nasional dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 1–17.
Marsari, H., Hairani, S., & Gistituati, N. (2021). Model perumusan kebijakan pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 89. https://doi.org/10.29210/3003908000
Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 10, No.1, 37–45. https://bit.ly/3DgMaka
Mote, S. (2020). Diskursus Teoretis Penerapan Good Governance dalam Formulasi Kebijakan Daerah. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP).
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nugraha, M. T., Pandi, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Formulasi Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1341
Pazri, M. (2016). Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah Di Indonesia. Badamai Law Journal, 1(2), 259. https://doi.org/10.32801/damai.v1i2.1822
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 1–12. https://doi.org/10.1109/ICMENS.2005.96
Rawung, P. M. (2021). Evaluasi Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja Di Instansi Pemerintah Daerah Pada Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 9(1), 1155–1164. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32859
Russell, M., & Cowley, P. (2016). The Policy Power of the Westminster Parliament: The “Parliamentary State” and the Empirical Evidence. Governance, 29(1), 121–137. https://doi.org/10.1111/gove.12149
Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan Di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1), 101–118. https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.5
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Vanhoonacker, S., & Wangen, P. (2015). Graham T. Allison, “The Essence of Decision: Explaining the Cuban Missile Crisis.” The Oxford Handbook of Classics in Public Policy and Administration, March 2015.
Vedung, E. (2018). Generic, Reflexive, Statistical, and Shadow Controls. In Public Policy and Program Evaluation (pp. 195–208). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315127767-12
Yanovitzky, I., & Weber, M. (2020). Analysing use of evidence in public policymaking processes: A theory-grounded content analysis methodology. Evidence and Policy, 16(1). https://doi.org/10.1332/174426418X15378680726175
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v10i1.8277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: