PERANG INGGRIS-JERMAN (KAJIAN GEOPOLITIK PADA TAHUN 1940-1942)

Dedy Julkarnain

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ssejarah tentang kekalahan yang tidak terduga yang dialami oleh Jerman pada perang Inggris-Jerman 1940-1942 tidak hanya keunggulan militer yang dimiliki oleh Inggris, tetapi keunggulan Geopolitik (geografis dan politik) yang dimiliki Inggris yang mampu menggagalkan invasi Jerman ke Inggris merupakan suatu hal yang menarik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inggris memanfaatkan letak geografisnya dalam memenangkan perang dan bagaimana keadaan politik kaitannya dengan perang 1940-1942. Skripsi ini menelusuri jalannya perang atau konflik Inggris-Jerman dengan menggunakan teori konflik Charles Darwin. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pendekatan Hitoris dan menggunakan metode sejarah yang lazim digunakan untuk membuat rekrontuksi masa lampau secara sistematis dan objektif untuk memverifikasi bukti dan menegakkan fakta. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan yang menghasilkan atau menyimpulkan menjadi Negara yang berkepulauan maka Inggris memanfaatkan sebaik mungkin akan letak geografisnya, keadaan alam ataupun sebagainya dengan cara memperkuat angkatan lautnya, serta memanfaatkan sebaik mungkin akan adanya cuaca buruk pada Oktober dan Desember serta di tunjang oleh system radarnya. Maka untuk melindungi tanah jajahnya dan mempertahankan dominasi politiknya di Eropa Inggris pula melakukan politik pertimbangan agar kekuatan daratnya tidak tertandingi oleh Negara Eropa lain,terutama Jerman serta membangun Politik persemakmuran Bangsa-bangsa. Selain itu pula AS mulai menjalankan politik Containment.

 

Abstract: The study aims to determine the history of the unexpected defeat suffered by the Germans during the English-German war 1940-1942 not only the British-owned military excellence, but the geopolitical superiority (geographical and That the British-owned, capable of thwarting the German invasion of England is an interesting thing. Therefore, the research aims to determine how the British capitalize its geographical location in winning the war and how the political situation relates to the 1940-1942 war. This thesis traces the course of the English-German war or conflict using Charles Darwin's conflict theory. This type of research is qualitative descriptive with the Hitoris approach and uses a historical method that is commonly used to make past rechrontuctions systematically and objectively to verify evidence and enforce facts. Data analysis through data reduction, data presentation, withdrawal or verification of conclusions that generate or conclude into an archipelago of countries then the UK utilizing the best possible geographical location, nature or so on By strengthening its navy, as well as making good use of inclement weather in October and December and supported by its system of rades. Thus, to protect the soil and maintain its political dominance in British Europe also conducted political considerations in order to power his powers unmatched by other European countries, especially Germany and build the political Commonwealth The nations. In addition, the U.S. began to run political Containment.

Keywords


Kehidupan social, Ekonomi, Kerajaan Pekat, Pasca letusan gunung Tambora tahun 1815.

Full Text:

PDF

References


Agung, Leo. (2012). Sejarah Asia Timur. Yogyakarta: Ombak.

Kaswati, Anggar. (1998). Metodelogi Sejarah dan Historiografi. Yogyakarta: Beta Offest.

Subiakto, Ari. 2008 Operasi Barbarossa: Ketika Hitler Menyerang Stalin. Yogyakarta: Narasi.

Bahri, Syamsul. (2015). Keberhasilan Sultan Al-Fatih Dalam Menaklukkan Konstatinopel Dan Pengaruh Dalam Renaissance Di Eropa Tahun 1453. Skripsi tidak diterbitkan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Mataram.

Djaja, Wahyudi. (2012). Sejarah Eropa Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern. Yogyakarta: Ombak

Dudung, Abdurrahman. (2007). Metodologi Penelitian Sejarah. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Hayati, Sri & Yani, Ahmad. (2007). Geografi Politik Bandung. Refika Aditama.

Jordan, David. (2015). Kronologi perang dunia II sejarah demi hari konflik terbesar di abad ke-20. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v4i1.1391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram