SEJARAH PERADABAN ISLAM DI KOTA PARIAMAN SUMATERA BARAT

Ismail Pane

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis Sejarah Peradaban Islam di Kota Pariaman Sumatera Barat. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni menggambarkan sesuatu seperti adanya dengan menggunakan sumber-sumber yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pariaman merupakan bagian dari Minangkabau yang terdapat di daerah rantau pernah mengalami kemajuan pesat dalam perdagangan. Padahal secara kondisi psikologi masyarakat sangat tertekan dengan keberadaan kolonial dan pedagang asing yang selalu menopoli perdagangan serta ikut campur dalam urusan masyarakat. Akan tetapi ada beberapa masyarakat yang bisa mendapatkan peluang untuk tetap menjalankan perdagangan dan bahkan mampu bersaing dengan para pedagang asing yang juga berdagang di daerah Minangkabau termasuk di pantai Pariaman.

Abstract:  The purpose of this study was to identify and analyze the history of Islamic Civilization in the city of Pariaman West Sumatra. This study is a field research (Field Research) with a type of qualitative descriptive research that describes something as it is by using sources that support this research. The results showed that Pariaman is part of the Minangkabau region in the region has experienced rapid progress in trade. In fact, the psychological condition of the community is very depressed by the existence of colonial and foreign traders who always menopoli trade and interfere in public affairs. However, there are some people who can get the opportunity to keep trading and even be able to compete with foreign traders who also trade in the Minangkabau area including in Pariaman Beach.


Keywords


Pariaman; Historical Heritage; Religion.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. (2020). “Dinamika Perekonomian Masyarakat Minangkabau: Peluang dan Tantangan Perdagangan di Daerah Rantau Pariaman Abad XIX”, Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, Vol. 10 No. 2.

Dwiyanti, Vina. (2015). “Makna Simbolik Upacara Tabuik di Kota Pariaman Sumatera Barat”, FISIP, Vol. 2 No. 1.

Effendi, Yusrizal. (2018). “Revitalisasi Peran Sosial Surau Dagang dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Pasar Tradisional di Padang Pariaman”, Journal of Islamic & Social Studies, Vol. 4 No. 1.

Faslah, Roni. (2020). “Islam, Adat, dan Tarekat Syattariah di Minangkabau”, Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, Vol. 6 No. 2.

Masriva, Nadilla. (2022). “Kegiatan Upacara Maulid Nabi di Masjid Raya Krtaping Kota Pariaman Sumatera Barat”, Journal of Social Science Research, Vol. 2 No. 1.

Mustika, Ayu Nanda, dkk. (2019). “Bentuk Ajaran Syekh Maulana Ibrahim Al-Khalidi Kumpulan Dalam Menyebarkan Islam Di Minangkabau”, Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, Vol. 9 No. 2.

Natsir. (2012). “Peranan Surau Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Tradisional di Padang Pariaman Sumatera Barat (Surau Syaikh Burhaniddin)”, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 12 No. 2.

Rahmanita, Nofi. (2013). “Pengaruh Kebudayaan Asing Dalam Pembentukan Ragam Hias Pelaminan Nareh Pariaman”, Jurnal Seni Kriya, Vol. 1 No. 2.

Sanusi, Ihsan. (2018). “Sejarah Konflik Kebangkitan Islam di Minangkabau: Sebuah Tinjauan Awal Terhadap Proses Kemunculannya”, Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, Vol. 8 No. 15.

Zakaria, Jacky. (2020). “Sejarah Islam Indonesia dalam Perspektif Hamka”, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 1 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v7i2.16923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram