INTEGRASI ILMU SEJARAH DAN AGAMA: IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak: Kitab suci Al-Qur’an menghormati kedudukan ilmu pengetahuan lebih dari kitab-kitab suci lainnya termasuk ilmu sejarah yang banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an yang dapat dijadikan sebagai penguat mempelajari sejarah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep ilmu sejarah dan integrasi keislaman. Metode dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka, penelitian pustakan dilakukan dengan mengumpulkan data maupun informasi dengan menggunakan bantuan dari bermacam-macam sumber referensi. Hasil penelitian Integrasi Ilmu sejarah dan Islam dalam artikel ini adalah : 1) menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber pembelajaran sejarah, 2) menelusuri ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang ilmu sejarah serta pentingnya belajar sejarah, 3) pembelajaran sejarah dan integrasi Islam. Konsep integrasi ilmu sejarah dan islam adalah dengan menjadikan Ilmu Agama sebagai sumber penguat pembelajaran sejarah.
Abstract: The Holy Qur'an respects the position of more science than other sacred books including the historical sciences which are widely mentioned in the Qur'an. Qur'an that can be used as an amplifier to learn history. This article aims to examine the concept of historical sciences and Islamic integration. The method in this research is a type of library research, pustulates research conducted by collecting data and information using the help of various reference sources. The research results of the integration of historical and Islamic sciences in this article are: 1) making the Qur'an as a source of historical learning, 2) tracing the verses of the Qur'an describing the historical sciences and the importance of learning history, 3) historical learning and the integration of Islam. The concept of integration of historical and Islamic Sciences is to make the science of religion as a source of history learning reinforcement.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.
Barizi, A. (2011). Pendidikan integratif: Akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam. UIN-Maliki Press.
Darda, A. (2016). Integrasi ilmu dan agama: Perkembangan konseptual di Indonesia. At-Ta’dib, 10(1).
Fakhry, J. (2010). Sains dan Teknologi dalam al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 15(01), 121–142.
Indonesia, R. (2003a). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional.
Indonesia, R. (2003b). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Khaldun, I. (1982). Muqadimmah, alih bahasa Ahamdie Toha. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 5(01), 36–39.
Sukardi, M. P. P. (2003). Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i1.2325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram