PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Mohamad Tohar

Abstract


Abstrak: Keputusan belajar di rumah diambil dengan kesadaran penuh bahwa Covid-19 sangat menular dan setiap individu bisa berperan menularkan atau memutuskan mata rantai penularan Pandemi Covid-19 yang terjadi penularannya secara global yang menyebar keseluruh penjuru Dunia temasuk Indonesia dan sekolah sebagai ruang publik, berpotensi besar untuk menyebarkan atau sebaliknya memutuskan mata rantai penularan oleh karena salah satu jalan utnuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu adalah dengan pembelajaran jarak jauh baik           melalui daring maupun luring. BDR dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua) pendekatan: yaitu pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) dan pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring). Kesimpulan Pelaksanaan BDR untuk  Jenjang   SMA di Kabupaten Lombok Tengah, setelah dirata-ratakan  memperoleh nilai 77,13 dengan kreteria Cukup sehingga perlu menjadi perhatian kita bersama bahwa pelaksaan BDR memiliki kendala dan hambatan yang sama  bagi semua SMA yaitu siswa ada yang tidak memiliki HP, tidak memiliki kouta yang memadai serta ada pula siswa yang tidak terjangkau oleh jaringan internet.

Abstract: The decision to study at home was taken with full awareness that Covid-19 is very contagious and each individual can play a role in transmitting or breaking the chain of transmission of the Covidd-19 pandemic, which has spread globally which spreads throughout the world including Indonesia and schools as public spaces, has great potential to spread or otherwise break the chain of transmission because one way to provide access to learning that is not limited to space and time is by distance learning both online and offline. BDR is carried out with Distance Learning (PJJ) which is divided into 2 (two) approaches: namely online distance learning (online) and offline distance learning. Conclusion BDR Implementation for Senior High School Level in Central Lombok Regency, after averaging 77.13 with sufficient criteria, it is necessary to pay attention to our common attention that the implementation of BDR has the same obstacles and obstacles for all SMA, namely students who do not have cellphones, not have adequate quota and there are students who are not covered by the Internet network.

Keywords


Belajar dari rumah, covid 19

Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura.

DISNAKKESWAN PROV.NTB. (2020). Surat Edaran Gubernur NTB tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Satuan Pendidikan. Retrieved from https://disnakkeswan.ntbprov.go.id/surat-edaran-gubernur-ntb-tentang-penyelenggaraan-pembelajaran-di-satuan-pendidikan/

Edaran, S., & MELAKSANAKAN, S. Y. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Indonesia, P. (2020). Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jakarta: Republik Indonesia.

Kasman, R. (2019). BIMBINGAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PASCA BENCANA DI KOTA PALU, SIGI DAN DONGGALA. JURNAL OBOR PENMAS, 2(1), 67–77.

Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah.

Kemenkes, R. I. (2020). Keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor hk. 01.07/menkes/328/2020 tentang panduan pencegahan dan pengendalian. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk, 1.

Khairuddin, K. (2020). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DITENGAH PANDEMI COPID-19. Edukasi, 8(2), 171–183.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Larasati, A. L., Gozali, D., & Haribowo, C. (2020). Penggunaan Desinfektan dan Antiseptik Pada Pencegahan Penularan Covid-19 di Masyarakat. Majalah Farmasetika. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v5i3.27066

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh).

Saddam, S. (2019a). INTEGRASI NILAI-NILAI KONSERVASI HABITUASI KAMPUS MELALUI KEGIATAN NONAKADEMIK. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 20–28.

Saddam, S. (2019b). INTEGRASI NILAI-NILAI KONSERVASI HABITUASI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG MELALUI KEGIATAN AKADEMIK. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 27–34.

Saddam, S., Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2018). The Integration Strategy of Conservation Values in Habituation of Semarang State University Campus. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2), 1–13.

Saddam, Setyowati, D. L., & Juhadi, D. (2016). Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. JESS, 5(2). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Setyowati, D., Saddam, S., & Handoyo, E. (2020). Application of Conservation Value for Character Developing of Universitas Negeri Semarang Students. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290416

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram