RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (SPEI) DI STEI HAMFARA YOGYAKARTA

Yuana Tri Utomo, Dina Juni Marianti

Abstract


Abstrak: Peneliti mendeskripsikan bagaimana respon mahasiswa terhadap materi pembelajaran Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (SPEI) di kelas apakah mudah, sedang atau sulit dalam memahami. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa STEI Hamfara Yogyakarta angkatan 2019 yang mengikuti matakuliah SPEI. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana respon pembelajaran dan meningkatkan profesionalitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis data primer dan sekunder. Data primer menggunakan pertanyaan terbuka dengan teknik pengambilan sample judgment purposive sampling, sementara data sekunder dengan kajian literatur. Hasilnya rata-rata mahasiswa yang mudah memahami materi di kelas 71.405%, sedang 16.65% dan sulit 11.93% dengan sebagian besar respon memiliki kendala jaringan internet. Informasi terdahulu merupakan faktor utama dalam memahami pembelajaran, dan fasilitas sudah baik. Rekomendasinya yaitu dengan melakukan pengujian terhadap materi pra kelas untuk mengukur informasi terdahulu mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi untuk meningkatkan keterampilan profesionalitas dan kualitas pembelajaran.

Abstract:  The researcher describes how the student response to the History of Islamic Economic Thought (SPEI) learning material in the classroom is whether it is easy, medium or difficult to understand. The study was conducted on 2019th batch of STEI Hamfara Yogyakarta students who took the SPEI course. The aim is to find out how the learning responses and improve the professionalism of learning in the classroom. This study uses a qualitative descriptive method by analyzing primary and secondary data. The primary data used open-ended questions with a judgmental purposive sampling technique, while the secondary data used a literature review. The result is that the average student who easily understands the material in class is 71.405%, moderate 16.65% and difficult 11.93% with most of the responses having internet network problems. Prior information is a major factor in understanding learning, and the facilities are good. The recommendation is to test the pre-class material to measure the students' previous information. This research contributes to improving professional skills and learning quality.


Keywords


Respon; Pembelajaran Transfer; Informasi Pemikiran

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Chilton, P., Tian, H., & Wodak, R. (2020). KEPUASAAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Journal of Language and Politics, 1(4), 49–56. https://doi.org/10.1075/jlp.9.4.01chi

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61.

Ismail, M. M. (1958). Al-Fikru Al-Islamiyu.

Jatira, Y. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.

Laili, N. (2020). Aspek Psikologi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 dengan Capaian Indeks Prestasi Kumulatif. Jurnal Ilmiah Pemenang, 7–16.

Maulana, H. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 188–195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.259

Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301

Noviantari, S., & Payadnya, A. A. (2021). Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, Vol. 1, No. 1 (Maret 2021) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar ISSN: 1(1), 13–22.

Priyastuti, M. T., & Suhadi, S. (2020). Kepuasaan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Journal of Language and Health, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.37287/jlh.v1i2.383

Putri, L. W. (2019). Dampak Psikologis Pada Mahasiswa Baru Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2017). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 19(2), 148–152.

Susiloningsih, W. (2018). Respon Mahasiswa Dalam Penerapan Strategi Jurnal Refleksi Mahasiswa. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 55–63.

Syamsurijal, S., & Sarwan, S. (2021). Kondisi Psikologis Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 220–226. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.290

Vonnisye. (2020). Respon Mahasiswa Agroteknologi Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Ekologi Tanaman. IX(1).

Wida, S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1506

Yusuf Sukman, J. (2017). TAFSIR ALQURAN TENTANG AKAL (Sebuah Tinjauan Tematis). Вестник Росздравнадзора, 2(2).

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.6851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram