URGENSI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VA MIN MALANG 2

Mappanyompa Mappanyompa Mappanyompa, Mustapa Ali Mustapa Ali Mustapa Ali

Abstract


Proses pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan yang sangat kompleks, tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa, akan tetapi sebelum itu guru harus menyiapkan banyak hal dan salah satunya adalah membuat siswa termotivasi, senang dan butuh terhadap pelajaran tersebut sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai harapan. Terutama pada pelajaran bahasa Arab yang cukup sulit untuk siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Oleh sebab itu perlu adanya kondisi belajar yang menyenangkan yang membuat siswa termotivasi, salah satunya adalah dengan membuat media (multimedia interaktif) sehingga materi tidak terasa begitu sulit.

Keywords


Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar Siswa dan Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: Al-Misykat, 2009)

Ahmad Taufik, Penggunaan Metode Mubasyarah (Demonstrasi) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Malang (Malang: UIN Malang, 2003)

Asmani, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif (Yogyakarta: Diva Press, 2009),

Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2010),

Abdul Hamid, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam (Malang: UIN Malang Press, 2010)

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Press, 2002)

Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif (Jakarta: Publisher, 2009)

Dedi Wijaya Kusuma, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: PT. Indeks, 2009)E De Corte, Beknopte Didaxsologie terj. Psikologi Pengajaran (Gronigen: Wolters, 1981)

Hanafiah Nanang dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Reflika Aditama, 2009)

Juairiyah Dahlan, Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab (Surabaya, Al-Ikhlas, 1992)

Muhaimin, dkk, Strategi Belajar Mengajar: Penerapan dalam Pembelajaran Penidikan Agama (Surabaya: Citra Media, 1995)

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Nurkholis, Efektifitas Penggunaan Permainan Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di MTs Al-Hikmah Lampung. Malang: UIN Malang, 2009.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar . Bandung: Bumi Aksara, 2001.

Rohani Ahmad, Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2009.

Sardiman, dkk., Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Sarwani, Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara di MTsN Selat Kuala Kalimantan Tengah. Malang: UIN Malang, 2009.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional . Bandung: Rhusti Publisher, 2009.

Usman Husaini, Manajemen, Teori, Praktek dan Hasil Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Winkel, Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo, 1991.

Winarno, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito, 1982.

http://www.total.or.id/info.php?kk=Macromedia%2Flash.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v2i2.1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE