PENGARUH TEKNIK PERMAINAN BAHASA DAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV di Kecamatan Bayan Lombok Utara)

Sintayana Muhardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan bahasa dan tingkat kecemasan terhadap kemampuan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kemampuan berbicara siswa yang diajarkan dengan teknik permainan mengarang lisan lebih baik daripada kemampuan berbicara siswa diajarkan dengan teknik permainan benda kongkret, (2) secara keseluruhan ada pengaruh interaksi antara teknik permainan bahasa dan tingkat kecemasan terhadap kemampuan berbicara bahasa indonesia siswa (3) kemampuan berbicara siswa kelompok kecemasan ringan yang diajar dengan teknik permainan mengarang lisan lebih baik daripada kelompok siswa yang diajar dengan teknik permainan benda kongkret ( 4 ) kemampuan berbicara kelompok siswa yang memiliki kecemasan berat  yang diajarkan dengan teknik permainan mengarang lisan tidak lebih rendah atau hampir sama dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan teknik permainan benda kongkret. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui teknik permainan mengarang lisan dengan tidak perlu memperhatikan tingkat kecemasan siswa.


Full Text:

PDF

References


Arief.S.Sadiman. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya).Jakarta: CV. Rajawali. 1990

Brown, H.Douglas. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa: Edisi Kelima. Pearson Education, Lnc. 2007

Depdiknas. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2003

Iskandar, Muniroh. Pengaruh Bahasa Pengantar dan Kecemasan Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Jakarta: PPS UNJ. 2004

Karmila, Mila dkk. Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa Peningkatan Kreativitas Anak . Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1. 2011.

Kau, Naziefatussiri. Pengaruh Teknik Pembelajaran Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Jakarta: PPS UNJ, 2012.

Nurgiantoro, Burhan. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra Yogyakarta: BPFE. 2001

Rifa, Iva. Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Jogjakarta: Flashbook. 2012

Rusmono. Pengaruh Startegi Pembelajaran dan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika.Jakarta: PPS UNJ. 2009

Suarti, Ni Ketut Alit. Pengaruh Jenis Permainan dan Tingkat Intelegensi Terhadap Penguasaan Konsep-Konsep Matematika Anak. Jakarta: PPS UNJ, 2009.

Subana, M dan Sunarti. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia. 2009

Syaiful Bahri Djamarah,et.al. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Zulela. Pembelajaran Bahasa Indonesia . Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v2i2.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE