IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS AWAL DI SDIT NURUL FIKRI SELONG DAN SDN 3 PANCOR LOMBOK TIMUR

Lalu Asriadi

Abstract


Pendidikan pada era ini tidak cukup dengan sekedar mentransper pengetahuan dan memberikan tugas rumah bagi para siswa dengan judul atau tema yang sudah ditetapkan dalam silabus pelajaran terkait.  Namun tuntutan kementrian ristek saat ini pembelajaran memiliki warna yang berbeda yakni adanya perubahan model kurikulum. Setiap berganti menteri berganti pula kebijakan tidak terlepas dari perubahan kurikulum. Dan yang terbaru saat ini adalah kurikulum 2013 yang belum tuntas sudah diganti dengan kurikulum KKNI. Ini menimbulkan banyak sekali permasalahan yang dirasakan oleh guru, siswa, pegawai dan pemegang kebijakan pendidikan. Oleh karena karena itu dalam penelitian ini membahas tentang pembelajaran tematik integratif, makatidakterlepasdarikurikulum 2013 karen arah dari kurikulum 2013.

Terlepas dari masalah di atas, saat ini tidak sedikit sekolah yang berhasil menerapkan model pembelajaran tematik integratif sehingga ditetapkan menggunakan model pembelajaran tematik integratif sampai saat ini, diantaranya adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri Selong dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pancor Lombok Timur.

Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case studies). Penelitian studi kasus dapat dibedakan menjadi tiga tipe. Pertama, studi kasus ekplanotaris, kedua, eksploratoris, dan ketiga studi kasus deskriftif, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe studi kasus yang pertama, karena tipe ini sangat baik untuk melihat penjelasan berbagai peristiwa yang berbeda ataupun yang sama. Penelitian ini menggunakan desain multikasus , dikarenakan penelitian ini dilakukan di subjek, latar atau tempat penyimpanan data, Dan hasil temuan penelitian ini sebagai berikut: Kegiaatan  yang dilakukan dalam perencanaan pembelajaran tematik integratif di Sidit Nurul Fikri Selong yaitu sebagai berikut:Pertama,Penyusunan Silabus,  guru belum serius untuk menyusun silabus kurangnya motivasi guru dalam menyusun tema-tema baru,  kurangnya perhatian, pengawasan dan pengarahan dari kepala sekolah. Dan ke dua : pembelajaran tematik integratif di SDN 3 Pancor terdiri dari hal-hal sebagai berikut:, pengkajian silabus, pengkajian silabus  silabus dan tema-tema pembelajaran seutuhnya telah di persiapkan oleh pemerintah, pengkajian silabus tidak dilakukan secara bersama-sama tetapi bersifat individual. 

 

Keywords


Pembelajaran, Tematik, Integratif

Full Text:

PDF

References


Abdul Majdid. PendekatanIlmiahdalamimplementasiKurikulum 2013. Bandug: PT RemajaRosdakarya. 2014.

Ahmadi, Imam. Strategi pembelajaran Tematik Model Webbed di Madrasah Ibtidaiyah. Malang: Tesis Pascasarjana UIN Maliki Malang, 2012

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

As’ad, Aliy. Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta. Menara Kudus. 1978

Departemen Agama Direktorat Jendral Keagamaan Agama Islam. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data, Jakarta:PTRajagrafindoPersada, 2010

M. Fadillah, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA (Yogyakarta:Ar-Ruzz Media, 2014 .

M. Fadlillah, Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI,SMP/MTs,& SMA/MA.Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2014

Majid,Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mancar, efektifitas model pembelajaran tematik –integrative berbasis multifle Inteligences dan model pembelajaran Tradisional terhadap kualitas proses dan hasil belajar siswa padatema “ hewan dan tumbuhan” (Studi eksperimental pada siswa kelas 2A dan 2B Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Sumatra Utara. Malang: TesisPascasarjana UIN Maliki Malang, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Jurnal Prodi PGMI | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: [email protected] | Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE