GURU KONSTRUKTIVIS SISWAPUN KRITIS (Studi Pustaka)

Musfiatul Wardi Wardi

Abstract


Konstruktsivisme telah banyak mempengaruhi kemajuan kualitas pendidikan di banyak Negara Amerika, Eropa dan Australia. Dapat kita lihat saat ini, Barat dapat mendominasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Apa yang menyebabkan Barat maju? Salah satunya menurut ialah dengan memajukan pendidikan yang dalam system pembelajarannya menggunakan prinsip-prinsi konstruktivisme yaitu (1) pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri, baik secara personal maupun social, (2) pengetahuan tidak dapat dipindahkan dari guru ke murid, kecuali hanya dengan keaktifan murid sendiri untuk menalar (3) murid aktif mengkonstruksi terus menerus, sehingga selalu terjadi perubahan konsep menuju ke konsep yang lebih rinci, lengkap serta sesuai dengan konsep ilmiah (4) guru sekedar membantu menyediakan sarana dan situasi agar konstruksi siswa berjalan dengan baik. Konstruktivisme mempengaruhi teori belajar, salah satunya Teori Belajar Bermakna (meaningful learning)yang dikemukakan oleh Ausubel. Dimana teori ini menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru ke dalam konsep atau pengertian yang telah dimiliki siswa, sehinga siswa dalam proses belajar itu siswa aktif.  Salah satu contoh sekolah yang menurut penulis telah menerapkan konstruktivisme dalam pembelajarannya ialah SMP alternative Qaryah Thayyibah yang berada di Desa Kalibening kota Salatiga Jawa Tengah. Meski terletak dipinggiran, sekolah ini telah mampu berprestasi bahkan mengalahkan sekolah-sekolah Negeri yang telah lama berdiri.

 


Keywords


Guru, Konstruktivis, Siswap, Kritis

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Meaningful Learning; Re-invensi Kebermaknaan Pembelajaran, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, Cet. 1, 2007)

Bahruddin, Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah, (Yogyakarta : LKIS, cet I, Januari).

Daniel Muijs dan David Reynolds, Efective teaching Teori dan Aplikasi, terj, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, cet I,2008)

M. Saekhan Muchit, Pembelajaran Kontekstual (Semarang : Rasail media group, cet.I, 2008).

Paul Suparno, Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, (Yogyakarta : Kanisius 1997).

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung : ALFABETA, 2010).

Sofan Amri & Iif Khoiru Ahmadi, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran; Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum, (Jakarta : Prestasi Pustaka, Cet. 1, 2010)

Udin Syaefudin Sa’ud, Inovasi Pendidikan, (Bandung, ALFABETA, 2009).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE