PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA TERPADU

Zaenudin Zaenudin

Abstract


Dalam konsep Paulo Freire seorang praktisi dan teoritisi pendidikan radikal dari Brazil, mengatakan bahwa, pendidikan yang benar adalah pendidikan yang mampu menjadi kekuatan penyadar dan pembebas manusia. Artinya, pendidikan harus bisa membebaskan dan menyadarakan manusia tentang adanya elemen-elemen yang menindas dalam struktur sosial. Dalam Islam, konsep pendidikan sebenarnya jauh lebih radikal dari konsep Paulo tersebut. Dimana manusia sebagai subyek harus memberi nama (to name) yakni ketika Allah mengajarkan nama-nama pada Adam, tujuannya adalah agar ia sadar akan esensi ciptaan, esensi sifat Tuhan, hubungan Tuhan dengan ciptaan-Nya, dan manusi terpilih menjadi khalifah di dunia sebagai pembawa kedamaian.Karena itu, konsepsi dan filosofi  pendidikan Islam sejak awal tidak hannya bersumber dari intelektualitas semata, melainkan juga spritualitas, dan tujuan akhir dari sebuah pendidikan adalah sang Pencipta. Untuk menjawab persoalan dan tujuan dari sebuah pendidikan, maka pada tulisan ini penulis mencoba untuk membahas tentang; apa itu pendidikan Islam, konsep pendidikan Islam terpadu, format pendidikan terpadu dan bagaimana frofil lulusan sekolah terpadu.

Keywords


Pendidikan, Agama Islam, Terpadu

Full Text:

PDF

References


al-Qur’an al-Kariim.

Ashraf, Ali.1996. Horizon Baru Pendidikan Islam.terj. Jakarta: Pustaka Firdaus

Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Unbara

Freire, Paulo. 1985. Pendidikan Kaum Tertindas.Terj. Jakarta: LP3ES.

Fahmi Alaydroes. 2003. Pendidikan Terpadu. WWW. Islamika.com.

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarata: Inisi.

Muhaimin. 2009. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2009.Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

Qardhawi, Yusuf. 2003. Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Izzan Pustaka.

Rahman, Fathur.2004. Pengembangan Sistem Pondok Pesantren Sebagai Sistem Pendidikan Terpadu.Bandung: Mimbar pustaka.

Syihab,Quraish. 2002. Membumikan al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Tajab. 1999. Dasar-Dasar Kependidikan Dalam islam. Jakarta: Logos.

Zainudin. 2008. Paradigma Pendidikan Terpadu. Malang:UIN-Malang Press.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE