ANALISIS BUKU AJAR (BSE) PAI SD KELAS TINGGI (Studi Analisis di SD 1 Lembah Sari Kec. Batu Layar).

Riadi Riadi

Abstract


Selama ini masyarakat secara keras mengkritisi kapasitas guru namun mengabaikan masalah-masalah yang bersumber dari buku ajar. Berbagai macam penyimpangan yang melibatkan anak sekolah patut dicurigai jangan-jangan bukan an sich faktor gurunya melainkan juga mengakar dari buku ajar. Oleh karena itu, dalam rangka menjaga sterilisasi buku ajar dari berbagai kepentingan, perlu dilakukan kajian analisis buku ajar yang dipakai sekolah-sekolah dasar. Dalam hal ini dikupas Bagaimana konten, gambar, pengambilan dalil dan masalah gender mainstreaming dalam buku ajar (BSE) PAI SD kelas tinggi yang digunakan SD 1 Lembah Sari, dan Apa saja kelebihan dan kekurangan buku ajar BSE PAI yang digunakan SD 1 Lembah sari. Jenis penelitian ini adalah Jenis kepustakaan yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari buku, karya tulis, serta bahan kepustakaan lainnya yang sesuai dengan topic bahasan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskripsi. yakni pendekatan yang menganalisis dengan mendeskripsikan objek kajian dari berbagai perspektif yakni analisis konten, analisis gambar, analisis pengambilan dalil, analisis gender mainstreaming, analisis multicultural dan analisis isu sara. Data temuan dalam penelitian ini adalah Berdasarkan uraian, analisis dan pembahasan di atas tentang Buku Ajar BSE di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut: Penulis buku ajar sangat menentukan isi (secara umum) sebuah buku ajar. Hal ini dapat dibuktikan setelah dilakukan analisis dari empat perspektif yaitu analisis kontens, analisis gambar, analisis pengambilan dalil dan analisis gender mainstreaming. Dari analisis tersebut setiap item nya terdapat berbagai perbedaan dari ketiga buku ajar BSE tersebut. Salah satu faktor yang sangat mendasar dari perbedaan tersebut disebabkan oleh penulis yang berbeda-beda.

 


Keywords


Analisis, Buku Ajar Pai, Sd Kelas Tinggi

Full Text:

PDF

References


Abdul Rachman Shaleh, 2000, Pendidikan Agama dan Keagamaan: Visi, Misi dan Aksi, (Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa.

Djaja Sudarma, 1993, Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian, Bandung: Eresco.

Dudung Abdur Rahman, 2003, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Kurnia Alam Semesta.

Mahsun, 2007, Metode Penelitian Bahasa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin, 2014, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Pers.

Roni Muslikah, 2011, Buku Teks Pelajaran Murah Atau Gratis? dalam Bunga rampai Pendidikan Islam (Surabaya:Taruna Media Pustaka.

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Tim redaksi FokusMedia, 2006, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan, Bandung: FokusMedia.

DEPDIKNAS,Pembelian Hak Cipta Buku Teks Pelajaran 2007, 15 Agustus 2007, diakses pada tanggal 09 Agustus 2015. (www.setjen.depdiknas.go.id).

Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Jurnal Prodi PGMI | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: [email protected] | Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE