PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 2 LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mappanyompa Mappanyompa

Abstract


Abstrak: Dalam penelitian ini masalah yang ingin dijawab adalah bagaimana penggunaan media bangun ruang tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Lombok Barat tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas. Dengan model sikus yang berulang dan berkelanjutan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan II siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Lombok Barat yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguanaan media bangun ruang tiga dimensi pada mata pelajaran Matematika  mampu peningkatan hasil belajar siswa. Hal inidapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Dilihat dari rata-rata nilainya dari prasiklus sebesar 59,3, Siklus I sebesar 69,3 dan siklus II sebesat 77,5 dengan presentase ketuntasan pada prasiklus menccapai 41,6 %, silus I mencapai 66,6 %, dan Siklus II mencapai 91,6 %.

 

Abstract: In this research issue that wants to be answered is how the use of media to build three-dimensional space can improve student learning outcomes V MIN 2 class West Lombok year lesson 2017/2018. This type of research uses class actions. With repeated and continuous sicus models. This class action research is done with the II cycle. Each cycle is a series of activities consisting of 1) planning, 2) Implementation of action, 3) observation, and 4) reflection. Sabjek in this study is a student at V MIN 2 West Lombok, a total of 24 people. The object in this study is the outcome of learning spatial building material. The instruments used are test questions, observation sheets and documentation. The obtained Data is analyzed in a quantitative descriptive. The results of this study showed that the media successfully to build three-dimensional space on the subject of mathematics is able to increase student learning outcomes. This can be seen from the increasing grades of material students waking up space before and after being given action. Judging from the average of the value of the Prasiklus 59.3, cycle I of 69.3 and cycle II at the 77.5 with a percentage of the submission of the prasiklus reached 41.6%, Silus I reached 66.6%, and cycle II reaches 91.6%.

Keywords


Hasil Belajar; Bangun Ruang; Media tiga dimensi.

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, F. Matematika (hakikat dan Logika). (Yogyakarta: Ar-ruzz media. 2009).

Andi Prastowo, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) Tematik Terpadu,(Jakarta: Kencana, 2015)

Angkowo dan Kosasih. Optimalisasi Media Pembelajaran. (Grasindo. Jakarta. 20011).

Arikunto Suharsimi, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Bahrur Rosidi, media pembelajaran, dalam bahrurrosyididuraisy.wordpress.com-media-pembelajaran (diunduh pada tanggal 12 Maret 2018 jam 21.25)

Daryanto, Media Pembelajaran, (Yogyakarta: Gava Media, 2013)

Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran, Kreatif &Inovatif, (Publisher:2009)

Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan:Standar Isi Mata Pelajaran Matematika, (Jakarta: Depdiknas, 2006)

Heruman. Model pembelajaran Matematika disekolah dasar. (Bandung: PT Remaja Rosadakarya. 2019)

https://www.slideshare.net/NizaZaid/media-tiga-dimensi-60366590. diunduh pada tanggal 17 maret 2018

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014)

Nana Sujana & Ahmad Rivai, Media pembelajaran, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010)

Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014)

Pentingnya media dalam pembelajaran. http://belajarpsikologi.com/pentingnya-media-dalam-pembelajaran/, (di unduh pada tanggal 25 februari 2018)

Poewanto, belajar dan Pembelajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)

Rayandra Asyhar. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. (Jakarta: Referensi Jakarta, 2012)

Rostina Sundayana, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika, (Bandung: Alfabeta, 2016)

Syahrir. Metodologi Pembelajaran Matematika. (Yogyakarta: Naufan Pustaka. 2010)

Trianto Ibnu Badar, desain penegmbangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini & anak kelas awal Sd/Mi, implementasi kurikulum 2013, Cet III, (Jakarta: Kencana, 2015) 229-230

Wilkel, Konstruktivisme Berbasis Sekolah, (Malang: Bayumedia Publishing, 2009)

Wina sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran, cet. II, (Jakarta: Kencana, 2014)




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE