DESAIN BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARABMADRASAH IBTIDAIYAH

Husnan Husnan

Abstract


Abstrak: Merancang bahan ajar agar mudah dipahami oleh para siswa adalah bagian tidak terpisahkan dari tugas seorang guru. Untuk itu guru harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan agar mereka mampu mendesain bahan ajar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Guru harus memiliki berbagai pertimbangan dan pendekatan ketika merancang bahan ajar. Pendekatan yang harus dipegang oleh seorang guru ketika merancanga bahan ajar adalah pendekatan ilmu dan teknologi, pendekatan social budaya dan pendekatan psikologi. Selain itu patut menjadi pertimbangan bahwa syarat mutlak agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik maka setiap komponen pembelajaran mulai dari guru, siswa, materi, metode dan evaluasi harus memiliki memiliki porsi yang seimbang sehingga komonikasi dialogis akan terus terjadi demi menciptakan suasana kelas yang terus hidup.

 

Abstract:  Designing the teaching materials to be easily understood by the students is an integral part of a teacher's assignment. Therefore, teachers must enrich themselves with a variety of knowledge so that they can design teaching materials that are usable in the learning process. Teachers should have various considerations and approaches when designing teaching materials. The approach that a teacher must hold when the teaching material is an approach to science and technology, a social culture approach and a psychological approach. In addition it should be considered that the absolute requirement for the learning process to run properly then every component of learning ranging from teachers, students, materials, methods and evaluation should have a balanced portion so that the comsonity Dialogical will continue to create an atmosphere of a living class.


Keywords


Desain bahan ajar; Pendekatan; Kompone pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Acep Hermawan, Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab, Rosda Karya, 2011, Bandung.

Fuad Effendi, Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab, Misykat Amalng, 2012, Malang.

Ayip Rosidy, Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula/ Mubtadi, Metode, Materi, Strategi Dan Media, Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta, 2010

Iskandar Wasid dan Dadang Sunandar, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung; PT Remaja Rosdakarya 2010.

Mappanyompa, Husnan: (2019) Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa, 4 (1) 17-29.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014)

Nana Sujana & Ahmad Rivai, Media pembelajaran, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010)

Nyayu Khodijah, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014)

Fatchul Mu’in, Pendidikan Karakter Konstruksi Teorotik & Praktik, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2016),

Jamal Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah, (Jogjakarta: Diva Press,2011)

Sukarjo dan Ukim komarudin, Landasan pendidikan konsep dan aplikasinya, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2013),

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Dimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE