Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan: Sebuah Analisis Filsafat untuk Membangun Kreativitas Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Visi, Misi, dan Aksi (Jakarta: PT. Gemawindu Pancaperkasa, 2000), cet. 1.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Appleton, J. J., Christenson, S. L., & Furlong, M. J. (2008). Student engagement with school: Critical conceptual and methodological issues of the construct. Psychology in the Schools, 45(5), 369–386. https://doi.org/10.1002/pits.20303
Aqodiah, A., Astini, B. I., & Hasanah, N. (2023). Teachers’ Perceptions in Educational Concepts (Study on Independent Learning Application at MIN 1 Mataram). Syekh Nurjati International Conference on Elementary Education, 1, 320. https://doi.org/10.24235/sicee.v1i0.14626
Baiq Ida Astini, Aqodiah, N. H. (2022). Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cendekia, 14(01), 96–105.
Carol Porter dan Cleland Janel, “The Portfolio as a Learning Strategy” (USA: Boynton Publishers, 1995).
Fordham, S., & Ogbu, J. U. (1986). Black students’ school success: Coping with the ?burden of ?acting white?? The Urban Review, 18(3), 176–206. https://doi.org/10.1007/BF01112192
Komala, E., & Erihadiana, M. (2022). Manajemen Kurkulum Pendidikan Islam. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 34. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.135
Kuh, G. D. (2003). What We’re Learning About Student Engagement From NSSE: Benchmarks for Effective Educational Practices. Change: The Magazine of Higher Learning, 35(2), 24–32. https://doi.org/10.1080/00091380309604090
Lexy J. Meolong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT. RosdakKarya, 2017).
Muhammad Noorsam, Filsafat Kependidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila, (Suranbaya: Usaha Nasional, 1986).
Niswatun Hasanah, S. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.
Omar Hamalik , Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT: Remaja Rosda Karya, 2017).
Peter F. Oliva, Developing the Curriculum. (New York: Harper Collins Publishers, Inc, 1992).
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Rohman, N., & Hendra, S. H. (2023). Peran Pendidikan dalam Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21: Tinjauan Literatur Tentang Kurikulum dan Metode Pengajaran. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 133–149. https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/article/view/267/151
Ronny K, Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, (Jakarta: PPM, 2003).
Ruwiah Abdullah Buhungo, Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Madrasah Aliyah. (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo, 3, 2015).
Sholeh Hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru, (Bandung: Rosda, 2013).
Sholeh, L., Nisa, K., Ahsani, A. N., Wasilah, N., El-Islamy, V. S., & Fanil, F. (2023). Implementation of Curriculum Management in Increasing the Relevance and Effectiveness of Learning at Madrasah Aliyah. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3913
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Zuhri Zuhri, “Convergentive Design: Kurikulum Pendidikan Pesanren (Konsepsi Dan Aplikasinya)” (Yogyakarta: Deepublish, 2016).
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.22919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE