APRESIASI TARI DAERAH SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA PGMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqodiah, A., Hasanah, N., & Humaira. (2023). The Role of Scout Extracurriculars in Shaping The Character of Social Care. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 15(2), 158–195. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v15i2.404
Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062
Arisyanto, P., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2019). Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs Pada Mata Kuliah Seni Tari Dan Drama Di Upgris. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.2629
Ayu, R., Afianti, N., Susilo, S. V., Yuliati, Y., & Majalengka, U. (2019). Pemanfaatan Media Videoscribe Dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan “ Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 404–411.
Cahyo, S. D., Wakhyudin, H., & Sundari, R. S. (2022). Analisis Fungsi Ekstrakurikuler Seni Tari Di Sekolah Dasar Negeri Pandeanlamper 01 Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 640–650. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10138
Destrinelli. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Tari Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Analisis Terhadap Kemampuan Praktek Menari Mahasiswa Pgsd Fkip Universitas Jambi). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 116–125.
gregorius Pito Wahyu Prakoso, A. H. (2016). 9498-23043-1-Sm. 12, 78–85.
Hasanah, N. (2021). The Role of Madrasah Ibtidaiyah in Building Student Characters in The Era Of The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 310–319. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1304
Hermansyah, D., Hasanah, N., Khairunnisa, K., Malini, H., Apriani, D. A., & Aisah, A. (2024). Strategi Perlindungan Dan Pemeliharaan Tari Tradisional Dalam Era Digital. Gesture: Jurnal Seni Tari, 13(1), 72. https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.56421
Iriani, Z. (2012). Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 9(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v9i2.98
Mariati, P. (2020). Penerapan Metode Simulasi Pada Matakuliah Pendidikan Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Guna Meningkatkan Ketrampilan GerakMahasiswa Pg Paud Unusa. Pedagogi, 6, 67–75.
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Nusir, L., & Malini, R. (2020). Kajian Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Mau’izhah, 10(2), 47. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.35
Pahan, B. P., & Prasetya, A. (2023). Pembinaan Tari dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah sebagai Pendidikan Karakter pada Siswa SMKN 1 Kuala Kapuas. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 110–121. https://doi.org/10.37364/jireh.v5i1.123
Pradita, A., Syai, A., & Hartati, T. (2016). Penyajian Tari Kreasi Turun Ku Aih Aunen pada Sanggar Kerenem Pirak Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan …, 1, 192–200. http://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/view/5290%0Ahttp://www.jim.unsyiah.ac.id/sendratasik/article/download/5290/2202
Putri, D. I. (2019). Penguatan Program Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Tari Di SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 125. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1301
Rizanti, E., Indriyanto, R., Sendratasik, J., Bahasa, F., & Semarang, U. N. (2016). Kajian Nilai Estetis Tari Rengga Manis Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Seni Tari, 5(1), 1–11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst/article/view/9637
Rodliyah, S., Sundari, R. S., & Arisyanto, P. (2020). Analisis Kegiatan Belajar Seni Tari Anak-Anak Desa Sendangagung Pada Masa Pandemi Covid- 19. MAJALAH LONTAR, 32(2), 26–35. https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7169
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 1–26.
Satrianingsih, A. R. O. (2021). Pengaruh media pembelajaran interaktif tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.17393
Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333
Syafruddin, M. A., Jahrir, A. S., Yusuf, A., Ikadarny, & Yusuf, A. (2022). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 10(2), 73–83.
Utami, M., Dewi, T., Universitas, P., Yogyakarta, N., & Lombok, T. G. (2020). Estetika tari gandrung lombok suku sasak. Tamumatra Jurnal Seni Pertunjukan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.29408/tmmt.v3i1.2867
Utpalasari, R. L., Hajj, S. B. Al, Marsella, S., & Damaiati, R. (2024). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa Pengabdian Masyarakat Melalui Kesenian Tari Modern ( Tari Maumere ) Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa. 2(1), 170–175. https://doi.org/10.56854/jphb.v2i1.141
Vinlandari Wahyudi, A. (2020). Olah tubuh dan olah rasa dalam pembelajaran seni tari terhadap pengembangan karakter. Jpks, 5(2), 96–110.
Yulisetyowati, A. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Sebagai Pendorong Kreativitas Anak Di Sanggar Tari Nitaswadiri Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 151–165.
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.22981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE