KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH MATARAM (MBS UMMAT)

Yuliananingsih Yuliananingsih, Niswatun Hasanah

Abstract


Memasuki era disrupsi dengan segala kemajuan teknologi hadir di segala kehidupan sehari-hari. Kemajuan yang memberi banyak kemudahan serta peningkatan. Namun tanpa kita sadari, kemudahan tersebut diperdaya banyak. Pada akhirnya saat ini seakan anak bangsa kehilangan rohnya, yaitu kearifan lokal menjadi karakter budaya bangsa sejak lama. artikel ini bertujuan membahas bagaimana karakter siswa pada pembelajaran Al-Quran di SD MUDIMAT. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan gunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga alur kegiatan proses yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verivikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu karakter yang dimiliki siswa pada pembelajaran Al-Quran yaitu Iman, ketakwaan, toleransi, rasa ingin tahu, dan jujur.


Keywords


Character, Al-Quran learning

Full Text:

PDF

References


Aeni, AN. 2017. “Hifdz Al-Quran: Program Unggulan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Qurani Siswa SD.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, no. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/6990.

Ainurrosidah, L, N Ulfatin, dan ... 2018. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu.” … Pendidikan, no. 26.

Anwar, Rosyida Nurul. 2021. “Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3 (1): 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1342.

Azis, A, dan D Perawironegoro. 2022. “Implementasi Nilai-Nilia Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidz AL-Quran AL-Mansyur).” ICIE: International Conference on Islamic …, no. 5. http://103.35.140.33/index.php/ICIE/article/view/125.

Aziz, Z, dan K Anwar. 2016. “Kurikulum terpadu: model pembinaan karakter pada sekolah islam fullday.” IJER (Indonesian Journal of Educational …, no. 3. https://www.ijer.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ijer/article/view/19.

CNN Indonesia. t.t. “Survei KPAI: Guru tak Interaktif Selama Belajar dari Rumah.” Diakses 1 Mei 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/.

Dewi, DT, SS Ningsih, KM al Fathan, dan ... 2022. “Integrasi Ilmu Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan …, https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4722.

Farida, S. 2016. “Pendidikan karakter dalam prespektif islam.” KABILAH: Journal of Social Community, http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/1724.

Hakim, Rosniati. 2014. “PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QURAN.” Jurnal Pendidikan Karakter 5 (2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788.

Islam, S. 2017. “Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013.” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, no. 138.

http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/50.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Grup.

Sari, Dewi Purnama. 2017. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran.” Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 1 (1): 1–24.

“Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” 2003. Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.23001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE