INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM KURIKULUM PAI SEBAGAI PEMBENTUKAN KEADABAN DIGITAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Riza Awal Novanto, Tobroni Tobroni, Ahmad Saefulloh

Abstract


Penggunaan media sosial yang meningkat di kalangan pelajar mengharuskan pendidikan formal mengakomodir pembelajaran nilai-nilai digital yang bertanggung jawab. Namun, kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) saat ini belum menyediakan pedoman yang cukup untuk membentuk keadaban digital yang baik. Studi ini bertujuan untuk mengusulkan integrasi media sosial dalam kurikulum PAI sebagai alat pembelajaran untuk membentuk keadaban digital di kalangan pelajar. Penelitian ini merupakan studi pustaka yang menyelidiki berbagai literatur terkait integrasi teknologi dalam pendidikan dan model-model pembelajaran keadaban digital melalui media sosial. Analisis dilakukan terhadap studi-studi terkait, artikel jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran keadaban digital dalam konteks PAI. Penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian media sosial dalam kurikulum PAI dapat meningkatkan pemahaman dan praktik etika digital. Hal ini berkontribusi pada peningkatan kesadaran dan keterampilan peserta didik dalam berinteraksi secara bertanggung jawab di ruang digital. Integrasi media sosial mendukung penciptaan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan interaktif dalam kurikulum PAI, yang menawarkan kesempatan bagi peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai etika secara praktis dalam konteks digital mereka. Penelitian ini berdampak pada pengembangan kurikulum yang lebih inklusif dan relevan dengan kebutuhan digital saat ini, serta memberikan rekomendasi bagi pembuat kebijakan untuk meninjau dan memodifikasi kurikulum PAI dalam menghadapi tantangan digital.

Keywords


Media Sosial, Kurikulum PAI, Keadaban Digital.

Full Text:

PDF

References


Alamin, Z., & Missouri, R. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran Agama Islam Di Era Digital. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 84–91. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1769

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33–48. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Anwar, K. (2019). Inovasi Pengelolaan Pembelajaran Pai Di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies (CoIS), 245–254.

Azhari, D. S., Afif, Z., Nurdin, S., & Kosim, M. (2023). Konsep Pengembangan & Inovasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. 3, 1241–1250.

Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127

Cahyono, A. S. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Permasalahan Sosial Anak. Publiciana, 89–99.

Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 46. https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1822

Gandara, Y., & Zulkifli. (2021). Urgensi Pembelajaran Nilai Berbasis Media Sosial untuk Menumbuhkan Keadaban Kewarganegaraan. Jurnal Educatio, 7(3), 713–723. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1161

Gofur, M. A., Junedi, J., & Nursikin, M. (2022). Prinsip-Prinsip Inovasi dan Pengembangan Kurikulum PAI. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.47709/ejim.v2i2.1909

Hidayat, M. (2016). Integrasi Media Sosial dalam Kurikulum. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Kurnia, Ayu; Kaloeti, D. V. S. (2019). Penerapan Adab Penggunaan Media Sosial Siswa Sekolah Dasar: Komparasi Sekolah Islam dan Sekolah Umum. 2(2), 99–110.

Lestari, Sri; Agustina, Noni; Marwan, R. H. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Penerapan Flipped Classroom dalam Hybrid Learning. Community Education Engagement Journal, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7770

Morissan. (2014). Morissan: Media Sosial dan Partisipasi Sosial. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 50–68.

Muthmainnah Biduri, Muhammad akhir, & Rahmatiah. (2023). Dampak Media Sosial (TikTok) Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI SD Negeri Bontorannu II Kecamatan Mariso Kota Makassar. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.205

Rahman, M. (2021). Etika Digital untuk Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Safitri, A. R., Anggraini, D. M., Mujahida, S. H., & Muhyatun, M. (2021). Peran pendidikan karakter dalam penggunaan media sosial bagi remaja. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5846

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Suryani, T. (2020). Pedoman Penggunaan Media Sosial di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Ulinniam, Hidayat, Ujang Cepi Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.74

Zazin, Nur; Zaim, M. (2018). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi Z. Proceeding Antasari International Conference, 535–563.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i1.24390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE