IMPLEMENTASI MODEL FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN KEDISIPLINAN SISWA DI SD AISYIYAH 1 MATARAM

Mardiyah Hayati, Mappanyompa Mardiyah Hayati, Mappanyompa

Abstract


Abstrak: Pendidikan Agama Islam merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal,memahami, menghayati, mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Model Full Day School Dalam Membentuk Karakter Dan Kedisiplinan Siswa di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram, proses pembelajaran, kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram. Adapun jenis pendekatan yang digunakan adalah bersifat kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diamati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : wawancara, metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam pada model full day school ,apa kendalanya dalam pembentukan karakter di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram. Observasi, Metode ini untuk melihat langsung terkait proses Implementasi model pembelajaran full day school di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram. Dokumentasi, metode ini untuk memperoleh data tentang gambaran umum sekolah,sejarah berdirinya,keadaan guru dan siswa. Analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan diskriptif kualitatif.

 

Abstract: Islamic education is a conscious and planned effort in preparing learners to know, understand, internalize, immoral, cautious and noble. The purpose of this research is to know how to implement Islamic education on the Model Full Day School in forming character and discipline students in SD ' Aisyiyah 1 Mataram, learning process, constraints and solutions. This research is a field research conducted at SD ' Aisyiyah 1 Mataram. The kind of approach used is qualitative that generates descriptive data in the form of written or spoken words from those observed. The methods used in this study are: Interviews, this method is used to obtain data on how to implement Islamic education on the full day school model, what is the control in character building in SD ' Aisyiyah 1 Mataram. Observation, this method to see directly related to the process of implementing a full day school learning model in SD ' Aisyiyah 1 Mataram. Documentation, this method to obtain data about the overview of the school, the history of its establishment, the state of teachers and students. Data analysis. In analyzing the researcher's data using qualitative diskriptif.

Keywords


Pendidikan Agama Islam, Full Day school, Pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Agung. 2012. Full Day school. Majalah Percikan Iman.

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja

Al-Qur’an Penerjemah. 2017. Bogor: Halim

Aminuddin. 2005. Pendidikan Agama Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Azwar Saifudin. 2015. Metode Penelitian. Yokyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Emzir. 2012. Metodologi penelitian Kualitatif Analisis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatchul Mu’in. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi teoritik dan Praktik. Yokyakarta: Ar Ruzz Media.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Imlementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Nor. 2016. Full Day School (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing). Jurnal Pendidkan.

Lickona Thomas 2014. Pendidikan Karakter. Bandung: Katalog dala Terbitan.

Ma’murasmani Jamal. 2017. Full Day Cchool. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Majid Abdul dan Andayani Dian. 2016. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexi. 2013 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mulyasa, E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Permediknas. 2016. “SI DAN SKL” Jakarta: Sinar Grafika

Samani Muchlas. 2011. Penelitian Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2017. Metode Peneitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Mappanyompa. (2019). Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa , Ibtida’iy Journal PGMI, 4 (1),17-29.

Sulistyaningsih Wiwik. 2008. Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Azzagrafika.

Tafsir Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Tohrin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling: Depok: PT RAJAGRAFINDO.

Wiyani Novan Ardy. 2012. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

http:/elkawaqi.blogspot.com/2012/12/pengertian-implementasi-menurut para.html

https://silabus.org/full-day-school/




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE