ANALISIS KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM MEWUJUDKAN VISI MISI SEKOLAH DI MIN I BANTUL

Hascita Istiqomah Hascita Istiqomah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan kepemimpinan visioner di MIN 1 Bantul.”Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologis. Objek penelitian terletak pada Madrasah Ibtidakiyah Negeri 1 Bantul. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan informan dan pengamatan langsung di lapangan, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menujukkan bahwa kepala sekolah MIN 1 Bantul memiliki kepemimpinan visioner, hal ini ditunjukkan oleh kepala sekolah MIN  1 Bantul benar-benar memiliki tujuan yang jauh kedepan yaitu menjadikan madrasah sebagai unggulan dan terbaik dari sekolah-sekolah lain. Kemudian mampu bersaing dalam menghadapi perubahan zaman dan globalisasi. Hal ini terlihat dalam tuangan visi dan misi sekolah ini, yang kemudian dapat terealisasi dengan baik dan terus berkembang dari tahun ke tahun berikutnya.

 

Abstract: This study aims to provide information related to visionary leadership at MIN 1 Bantul. "The method used in this study is a phenomenological qualitative method. The object of research is Madrasah Ibtidakiyah Negeri 1 Bantul. The data collection techniques in this study used the interview technique with informants and direct observations in the field, then analyzed inductively. has a far-reaching goal of making madrassas the best and best from other schools. Then be able to compete in the face of changing times and globalization. This can be seen in the vision and mission of this school, which can then be well realized and continue to grow from year to year.


Keywords


Kepemimpinan, Visioner, Visi dan Misi.

Full Text:

PDF

References


Irwana, Ade, Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Efektifitas Sekolah Di Sekolah Dasar, Journal Administrasi Pendidikan, Vol. XXII, Oktober 2015,”hlm. 104-119.

Moleong, L.J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Ninuk Endah Susanti dan Sumadi, Dedy Hermanto Karwan, The Principal Visionair Leadership of Islamic Integrated Elementary School Baitul Jannah Bandar Lampung, Journal of Education and Practice, Vol.10, 2019.

Rohmat, Kepemimpinan Pendidikan, Purwokerto: STAIN Press,2010.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2011.

Muuhammad Fadhli, Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Dalam Menciptakan Sekolah Efektif, Journal Tarbiyah Vol.23, 1 Januari-Juni 2016.

Marno, Islam By Management and Leadership, Jakarta: Lintas Pustaka, 2007.

Rosmiati, T dan Kurniady, D. A., Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.

Huda, Muhammad Nailul, Marhadi, Hendri, & Noviana, Eddy. (2018). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-13.

James, William. The principles of psychology: Read Books Ltd. 2013.

Hidayah, Nurul. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta,2011), hlm.143

Cindy Satrio, dkk, Tugas Kepemimpinan Strategik Gaya Kepemimpinan Transdevis, https://www.academia.edu, diakses Pada Tanggal 28 Oktober 2019, jam: 21:25.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE