PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDHLATUSSYBYAN NW BELENCONG KECAMATAN GUNUNGSARI

Saprun Saprun

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta langkah-langkah penerapannya pada mata pelajaran IPS siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Raudhlatussybyan Nw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya berlangsung dalam dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, serta tes hasil belajar siswa. Data dianalisi secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada tiap siklus yaitu siklus I dengan nilai rata-rata kelas 76,4 dan presentase ketuntasan klasikal 64%. Kemudian siklus II dengan nilai rata-rata kelas 82,7 dan presentase ketuntasan klasikal 93% Peningkatan juga terlihat dari aktivitas belajar siswa, yaitu siklus I dengan skor rata-rata 10 dan dikategorikan aktif, sedangkan pada siklus II dengan skor rata-rata 16 dikategorikan sangat aktif. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan NW Belencong tahun pelajaran 2017/2018.

 Abstract: This research aims to determine the application of Sociodrama learning methods to improve student motivation, as well as the implementation steps in IPS class III students in Madrasah Ibtidaiyah Raudhlatussybyan Nw. This type of research is a class action study conducted in 2 cycles and each cycle takes place in two meetings. Each cycle consists of action planning stages, action execution, observation, and reflection. The subject of this study was a grade III student of 15 people. Data collection is obtained with teacher observation sheets and student observation sheets, as well as test of student learning outcomes. Data is quantitative and qualitatively analytable. The results of this research can be seen from the increase in the learning outcomes of the students who achieve the submission of each cycle is cycle I with the average value of class 76.4 and the classical-proof of a percentage of 64%. Then the II cycle with an average grade value of 82.7 and a classifying lead percentage of 93% improvement is also evident from student learning activities, i.e. cycle I with an average score of 10 and is categorized active, whereas on cycle II with an average score of 16 categorized very active. These results suggest that the use of the Sociodrama method can improve student learning outcomes in the class III IPS subjects in the Raudlatusshibyan NW Belencong year lesson 2017/2018.


Keywords


Penerapan Metode, Pembelajaran Sosiodrama, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

References


Ahmadi, Rulam. 2016. Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model,Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung. Yrama Widya.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru SD,SLB,TK. Bandung. CV Yrama Widya.

Mappanyompa. (2019). Problematika Pengkaderan Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Mataram Dalam Perspektif Norma Pengkaderan Muhammadiyah, Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 10 (1), 82-98

Fudyartanta, Ki. 2011. Psikologi Umum. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Hernawan, Asep Herry. 2010. Perkembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Universitas Terbuka.

Isjoni. 2010. Cooperative Lerning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung. Alfabeta.

Purwanto, Ngalim. 2018. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bangung. Remaja Rosdakarya.

Suwarno. 2011. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta. Aksara Baru.

Sumantri, Musyani. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Universitas Terbuka.

Supardi. 2011. Bacaan Cerdas Menyusun Skripsi. Yogyakarta. Kurnia Kalam Semesta.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana.

Taniredja, Tukiran dan Harmianto, Sri. 2015. Model – model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung . Alfabeta.

Wahab, H.A. Aziz. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta. Universitas Terbuka.

Mappanyompa. (2019). Pengaruh Pendidikan Kemuhammadiyahan Terhadap Sikap Perilaku Siswa , Ibtida’iy Journal PGMI, 4 (1),17-29.

Wardhani, Igak. 2018. Penelitian Tindakan Kelas modul 1. Jakarta. Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin. 2010. Materi dan Pembelajaran Pkn SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sanjaya,Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis Metode Dan Prosedur. Jakarta. Kencana.

http://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Kelebihan-serta-Kekurangan-Pembelajaran-Koperatif-Tipe-STAD.html/ (Diakses Pada Tanggal 29, Desember 2017)




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i1.2627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Jurnal Prodi PGMI | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: [email protected] | Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE