PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN KHUSUS AL-HALIMY SESELA

Ahmad Helwani Syafi’i Ahmad Helwani Syafi’i

Abstract


Abstrak: Metode merupakan suatu hal yang urgen dalam proses pembelajaran karena dengan penerapan metode yang sesuai dengan materi, diyakini tujuan pembelajaran dapat dicapai, termasuk pembelajaran kitab kuning yang tidak memiliki tanda baca atau disebut kitab gundul di Pondok Khusus Al-Halimy Sesela. Sejumlah metode yang diterapkan pada pembelajaran kitab kuning yaitu metode Bandongan atau Wetonan, Sorogan, Halaqoh, Diskusi, Tanya Jawab, dan metode Ceramah. Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela. Untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam penerapan metode pembelajaran kitab kuning di Pondok tersebut.

 

Abstract:  Method is an urgent thing in the learning process because with the application of methods that are in accordance with the material, it is believed that the purpose of learning can be achieved, including learning the yellow book that does not have punctuation or called the bald book in Pondok Khusus Al-Halimy Sesela. A number of methods applied to the study of the yellow book are bandongan or Wetonan, Sorogan, Halaqoh, Discussion, Q&A, and Lecture methods. To find out and analyze the application in the study of the yellow book in The Special Boarding School Al-Halimy Sesela. To find out and analyze the level of difficulties faced by teachers in the application of yellow book learning methods in the cottage.

Keywords


Pembelajaran kitab kuning, Pondok pesantren, Pesantrem al-halimy sesela

Full Text:

PDF

References


Abdul Munir Mulkhan. 1994. Runtuhnya Mitos Politik Santri, Strategi Kebudayaan dalam Islam. Yogyakarta: Sipress. cet. ke-I.

Abdul Rachman Shaleh, 2006. Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdurrahman Saleh, 1982. Pedoman Pembinan Pondok Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.

Abdurrahman Wahid, 1999 Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.

Abin Syamsudin Makmun, 2009. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Abuddin Nata, 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: kencana Prenada Media Groum. cet. 1.

Afifuddin& Beni Ahmad Saebani, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Pustaka Setia.

Ahlan, Tesis: 2015. Metode pembelajaran dalam memahami isi kitab kuning di Ma’had ‘Aly Pondok Pesantren Nurul Hakim Kecamatan Kediri Lombok Barat tahun 2015.

Ahmad Barizi, 20011. Pendidikan Intregratif: Akar Tradisi & Intregasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN Maliki Press.

ArmaiArif, 2002. Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam.Jakarta: Ciputat Pers. cet. Ke-1

Azyumardi Azra, 1999. Pendidikan Islam: Tradisidan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

______________, 1997. Pesantren Kontinuitas dan Perubahan. Jakarta : Paramadina.

Bungin, M. Burhan.2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darwyan Syah, 2006. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Faza Media.

Depag RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah….

Emzir, 2012.Metodologi Penelitian Kualitatif :Analisis Data. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endang Turmudi, 2004. Perseligkuhan Kyaidan Kekuasaan.Yogyakarta: Lkis.

Hamdan Farchan dan Syarifuddin, 2005. Titik Tengkar Pesantren: Resolusi Konflik Masyarakat Pesantren. Yogyakarta: Pilar Religia.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

http : // www.psikologizone.com / macam - kesulitan - belajar - siswa / 065111779 diakses pada hari Kamis 26 Juni 2017.

Irfan Hielmy, 1999. Pesan Moral dari Pesantren: Menigkatkan Kualitas Umat, Menjaga Ukhuwah. Bandung: Nuansa.

Karel A Steenbrink, 1986.Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Lexy J. Moleong, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margono, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

_______, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martin Van Bruinessen, 1995. KitabKuning: Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE