PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH MASA PANDEMI COVID-19

Baiq Ida Astini, Aqodiah -

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran dari rumah masa pandemi Covid-19, di BTN Griya Praja Asri Desa Jatisela. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian yaitu orang tua,siswa, dan guru. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya  peran orang tua dalam pembelajaran dari rumah masa pandemi Covid-19 di BTN Griya Praja Asri Desa Jatisela  sebagai penyedia fasilitas belajar, membimbing  dan mengawasi aktivitas belajar siswa, menyediakan waktu khusus untuk membimbing putra-putri mereka terkait pembelajaran dan tugas atau latihan yang diberikan guru, memberikan semangat dan motivasi, serta mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak

This study aims to determine the role of parents in learning from home during the Covid-19 pandemic at BTN Griya Praja Asri. Jatisela Village This research is a qualitative descriptive approach with subjects namely parents, students, and teachers. Data collection is taken through interviews, observation, documentation. The results showed that is 1) the role of parents in learning from home during the Covid-19 pandemic at BTN Griya Praja Asri Jatisela Village, as a provider of learning facilities, guiding and supervising student learning activities, providing special time to guide their children regarding learning and assignments or exercises given by the teacher, providing enthusiasm and motivation, and directing children according to their respective talents and interests.


Keywords


Peran orang tua, Pembelajaran dari rumah Covid - 19

Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, H. R. (2019). The role of parental involvement towards the students’ learning motivation. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (2), 276. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i9 di akses 12 Maret 2021, pukul 14.21 Wita

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Teknologi Pendidikan. 10 (1)

Cahana, Nana. 2020. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang tua. Kompasiana. Diakses 6 Mei 2021 Pukul 14.25 Wita

Cahyadi, Nurdin. 2020. Pengaruh Corona Terhadap Dunia Pendidikan. disdik.purwakartakab.go.id. di akses 22 Maret 2021, pukul 11.30 WITA

Heriyani. 2010. Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran Pendidikan Agama IslamSiswa Kelas IV MI Ma‟arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo KabupatenBanyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Purwokerto

http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index. php/jga/article/view/2203 diakses 10 Maret 2021 pukul 10.15 Wita

https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/630 diakses 10 Maret 2021 pukul 10.25 Wita

http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/322 diakses 10 Maret 2021 pukul 10.35 Wita

https://www.kemdikbud.go.id/main/block/2020/04/kemendibud-hadirkan-programtayangan-belajar-dari-rumah-di-tvri, 22 Maret 2021 , pukul 12.45 WITA

Imron, Ali. 2016. Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Edukasi Islamika, Tahun 2016.

Julifah, Wawancara hari Sabtu tanggal 10 Maret 2021 Jurnal Kelas V SDN 01 Jatisela

Kemendikbud, SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam MasaDarurat Penyebaran Covid19,http://www.kemdikbud.go.id/main/block/2020/03/se-mendikbud pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-peneybaran-covid19, diakses 22 Maret2021, pukul 12.25 WITA

Khairani, Wardina. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar) . Lampung:

Mela Arnani, Mengenal Virus Corona, Masih Keluarga SARS dan MERS SebabkanPneumonia,https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/23/102537965/mengenal-virus-coronamasih-keluarga-sars-dan-mers-sebabkan-pneumonia?page=all, diakses

Maret 2021 Pukul 10.30 wita

Ni'mah. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu DiLingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagaiPedagang). Palangkaraya

Saleh Ending, Wawancara hari Sabtu tanggal 23 Maret 2021

Siti Halimah, Wawancara hari Sabtu tanggal 12 April 2021

Valeza, Alsi Rizka. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Warsito, Samino. (2014). Implementasi Kurikulum dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III SD Ta’mirul Islam surakarta.

Widayati, Tri. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam. Lampung

Mappanyompa. (2019). Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Atematika Siswa Kelas V MIN 2 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Prodi PGMI, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE