PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGUS PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH

Ary Purwanto, Abdul Wachid B.S -

Abstract


Abstrak:

Penanaman pendidikan karakter religus yang coba ditanamkan pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pesayangan salah satunya dilakukan melalaui kegiatan ekstrakurikuler Adzan yang diikuti oleh seluruh peserta didik laki-laki mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Kegiatan yang sangat disambut baik oleh orangtua peserta didik ini diharapkan mampu menguatkan karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara terhadap guru, Kepala Madrasah serta orangtua peserta didik dan metode dokumentasi dilakukan guna mengamati hasil pelaksanaan kegiatan ekstrakurikluer adzan tersebut.

The planting of religious character education that is trying to be instilled in students at the Muhammadiyah Pesayangan Ibtidaiyah Madrasah is one of them carried out through extracurricular adhan activities which are followed by all male students starting from grade 1 to grade 6. This activity is very welcomed by the parents of these students. is expected to be able to strengthen the religious character of students. This study used a qualitative research design. The data was collected through the interview method with the teacher, the head of Madrasah and the parents of the students and the documentation method was used to observe the results of the extracurricular activity of the adhan.


Keywords


Pendidikankarakter religius, Ekstrakurikuler Adzan, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Agus Wibowo. 2012 Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bagus Mustakim. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Delapan KarakterEmas Indonesia Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru

Depdiknas. 2013. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas

Doni Koesoema A. 2010. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di ZamanGlobal Jakarta : Gramedia

Kementrian Agama RI. 2015. Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI

Lexy J. Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masnur Muslich. 2011 Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Muchlas Samani & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan KarakterAnak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Muhammad Jawad Mughaniyah. 2007. Fiqih Lima Madzhab: Ja’fari, Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali/Muhammad Jawad Mughniyah. Jakarta : Penerbit Lentera

Siti Asdiqoh. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. INSANIA Vol. 25 No. 1 IAIN Salatiga

Thomas Lickona. 2013. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalamLembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.5203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE