Penerapan Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19: Suatu Tinjauan Pada Instagram Dan Tiktok Apple Green Hotel
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan digital marketing yang dilakukan Apple Green Hotel dalam upaya mempromosikan produknya pasca mengalami krisis penurunan penjualan secara signifikan imbas mewabahnya Covid-19. Saluran utama digital marketing yang digunakan adalah social media marketing instagram dan tiktok. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara key informan diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek yang dipertimbangkan dalam mendesain konten instagram dan tiktok di antaranya melalui visualiasi menarik dengan caption informatif dan persuasif. Tujuan yang diharapkan adalah agar audiens mudah memahami isi pesan yang disampaikan. Apple Green Hotel juga memperhatikan tiga elemen konsep dari digital marketing yaitu traffic, conversion, dan engagement.
Abstract:
The purpose of this research to describe the aplication of digital marketing by Apple Green Hotel in an effort to promote its products after experiencing a crisis in the form of a decrease in sales due to the Covid-19 outbreak. The main channel of digital marketing is used namely social media marketing instagram and tiktok. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Key Informants were obtained using purposive sampling technique. The result of the research shows that there are some aspects that need to be considered in designing Instagram and Tik Tok content. One of it is attracting visualization with informative and persuasive caption. The expected aim is the audiences understand easily the message content. Apple green hotel considers three concept elements in digital marketing namely, traffic, conversion, and engagement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.
Gani, R. & R. R. K. (2014). Jurnalistik Foto Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media.
Huberman, A Michael, Miles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis A Sourcebook of New Methods. Sage Publications.
Kotler, P. & K. L. K. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall.
Mondry. (2008). Teori dan Praktik Jurnalistik. Ghalia Indonesia.
Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nawawi, H. dan M. M. (1994). Penelitian Terapan. Gajahmada Univerity.
Ni’matul Rohmah, N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.31764
Pratomo, Y. (2019). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. APJII. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa, (diakses pada 8 Juli 2020, pukul 23.14 WIB)
Sanjaya, R. dan J. T. (2009). Creative Digital Marketing. PT. Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Widiyani, R. (2020). Tentang New Normal di Indonesia: Arti, Fakta dan Kesiapan Daerah. News.Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-5034719/tentang-new-normal-di-indonesia-arti-fakta-dan-kesiapan-daerah (diakses pada 08 Juli 2020, pukul 22.59 WIB)
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v6i2.14264
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Asnan, Novi Ratriningtyas, Eko Budi Siswandoyo, Nur Laeli Mucharomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: