Eksistensi Aplikasi Tiktok sebagai Media Belanja Online di Kalangan Mahasiswa (Study Kasus Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura Angkatan 2020)

Nurul Azizah, Nur Halimatus, Muhammad Irvan, Yusrin Yusrin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi aplikasi tiktok sebagai media berbelanja online di kalangan mahasiswa ?, dan mengapa mahasiswa berminat untuk menggunakan aplikasi tiktok sebagai media berbelanja online mereka ?. objek dalam penelitian ini yaitu para Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Madura angkatan 2020. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan purposive sampling, yaitu informan diseleksi dan dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non random sampling atau probability yaitu tidak semua populasi diberikan kesempatan untuk menjadi sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi tiktok sebagai media berbelanja online di kalangan mahasiswa mempunyai eksistensi yang baik, positif, menarik, efesien dan juga efektif. para mahasiswa berminat untuk menggunakan aplikasi tiktok sebagai media berbelanja online karena, dalam aplikasi tiktok harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan aplikasi lainnya, tidak ada biaya layanan ketika chekout, ada banyak voucher gratis ongkir, kualitas barang bagus, metode penjualan bagus, serta bisa COD merupakan alasan mahasiswa untuk memilih berbelanja melalui aplikasi Tiktok.


Abstract:    This study aims to find out how the existence of the tiktok application as a media for online shopping among students ? and why are student interested in using the tiktok application as a medium for online shopping ?. the object in this research is the student of Ushuluddin and Da’wa Faculty at IAIN Madura. This research is a qualitative descriptive research  with the type of field research with purposive sampling, namely informants are selected and collected according to research needs.data collection techniques performed with observations and interviews. Sampling was carried out by means of non random sampling or probability, that is not all populations were given the opportunity to become samples.  The result of the study show that the tiktok application as a medium for online shopping among students has a good, positive,attractive, effecient and effective existence. Students are interested in using the tiktok application as a medium for online shopping because, in the tiktok application the price is relatively cheaper compared to other application, there are no service fee when checout, there are lost of free shipping voucers, good quality goods, good salling methods, and can COD be student reason to choose to shop trought the tiktok application


Keywords


Tiktok, shopping online, marketplace, tiktok shop

References


Alfiyani, A. (2023). Hasil Wawancara dengan Asri Alfiyani. Pamekasan.

Almaidah Bahri, C. M. (2022). Aplikasi Tiktik sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Inggris di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol3 No.1.

Arini, S. (2023). Hasil Wawancara dengan Siti Arini. Pamekasan.

Dwi Novaria Misidawati, S. A. (2022). Buku Ajar Public Relations. Surabaya: CV. Global Aksara Pers.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol.2 No.1.

Leo Charli, T. A. (2019). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurna Science and Phics Education Journal.

Lutfiana, A. (2023). Hasil Wawancara denga Alfin Lutfiana. Pamekasan.

M Nashor, E. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pesan Dakwah dalam Program Siraman Qolbu bersama Ustadz Danu di MNCTV (Studi Desa Tanjung Rejo Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran). Jurnal Ri'ayah Vol.6 No.10.

Milla, S. (2023). Hasil Wawancara dengan Silviatul Milla. Pamekasan.

Mujib, A. (2023). Hasil Wawancara dengan ABD Mujib. Pamekasan.

Nabila, A. R. (2023). Hasil Wawancara dengan Alvia Rizky Nabila. Pamekasan.

Novi Permatasari, D. T. (2017). Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD) di Media Sosial Instagram. Jurnal Promedia Vo.3 No.2.

Oktriwina, A. S. (2022). Tiktok Shop : Apa Itu, Cara Pakai, Tips Jualan, dan Cara Belanja. https://glints.com/id/lowongan/tiktok-shop-adalah/.

Putri, N. (2023). Hasil Wawancara dengan Nafis Putri. Pamekasan.

Raka Dimas Majesta Ricky, E. J. (2021). Dampak Aplikasi Belanja Online (Online Shop) di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Minat Belanja Masyarakat di Kelurahan Girian Weru II Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Society Vol.1 No.1 .

Ramadhan. (2023). Hasil Wawancara dengan Ramadhan. Pamekasan.

Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suharsimi, A. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bineka Cipta.

Suratmi, N. (2022). Multikultural: Karya Pelestarian Kearifan Lokal Kesenian Barongsai-Lion. Malang: Media Nusa Creative.

Syafi, A. (2023). Hasil Wawancara dengan Ahmad Syafi. Pamekasan.

Umamah, K. (2023). Hasil Wawancara dengan Khoirotul Umamah. Pamekasan.

Winni. (2023). Hasil Wawancara dengan Winnni. Pamekasan




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i1.19364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Azizah, Nur Halimatus, Muhammad Irvan, Yusrin Yusrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: