Pengaruh Endorsement Influencer Terhadap Penjualan Kassa Cake & Desser

Riski Febrianti, Windi Baskoro Prihandoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Pengaruh Endorsement Influencer Terhadap Penjualan Kassa Cake & Dessert. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data berupa riset lapangan dengan dilakukannya pengamatan, wawancara, serta studi kepustakaan. Data yang diaplikasikan dalam penilitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Sistem pemasaran pada Kassa Cake & Dessert sebelumnya hanya mengandalkan promosi dengan menggunakan akun media sosial milik sendiri sehingga feedback yang didapat oleh Kassa Cake & Dessert tidak terlalu berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Setelah dilakukannya perbandingan dan riset terhadap penjualan pada saat sebelum dan sesudah melakukan Endorsement Influencer, terdapat adanya peningkatan penjualan dan daya beli konsumen yang cukup signifikan.

 

Abstract:

This research aims to determine the magnitude of the influence of Influencer Endorsements on sales of Kassa Cake & Dessert. The research method used is descriptive-qualitative, where the data collection technique is field research using observations, interviews, and literature studies. The data applied in this research is primary and secondary. The marketing system at Kassa Cake & Dessert previously only relied on promotions using its own social media accounts, so the feedback received by Kassa Cake & Dessert did not have much influence on sales levels. After conducting comparisons and research on sales before and after the Influencer Endorsement, there was a significant increase in sales and consumer purchasing power.

Keywords


endorsement; marketing; komunikasi; influencer; media sosial; instagram; communication; social media

References


Afandi et all. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial Volume 5 Nomor 1, hlm 15-28

Agustin, H. (2019). Sistem Informasi Manajemen dalam Perspektif Islam. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49-61. DOI: https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243

Bonde, F., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Endorsement Terhadap Brand Image Scarlett Whitening Pada Media Sosial Instagram (Studi Pada Agen Scarlett Whitening By Bunga Cosmetics Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 315-321. DOI: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.15037

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39-46.

Evelina, L. W., & Handayani, F. (2018). Penggunaan digital Influencer dalam promosi produk (Studi kasus akun Instagram@ bylizzieparra). Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(01), 71-82. DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.10

Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 33-41. DOI: 10.22146/gamajpp.45347

Rahman, Wahyudin & Saudin, La. (2022). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Ramdhan, A., Naswandi, C.N., dan Herman, C.M. (2020). Fenomena Endorsement di Instagram Story pada Kalangan Selebgram. KABERA Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 9 Nomor 2, hlm 316-329.

Rianto, B & Dozan, W. (2020). Dasar-dasar Pengantar Teknologi Informasi. Malang: CV. Multimedia Edukasi.

Sahir, SH. (2022). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Zavida, T. P., & Rachmawati, L. (2021). Pengaruh Endorsement Selebgram Terhadap Perilaku Konsumsi Produk Makanan Oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu EKonomi Universitas Negeri Surabaya. INDEPENDENT: Journal of Economics, 1(1), 30-38. DOI: https://doi.org/10.26740/independent.v1n1.p30-38




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i2.22571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riski Febrianti, Windi Baskoro Prihandoyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: