Digital Da'wah Strategies of Arrahmah.Id in Online Journalism
Abstract
Abstract:
The increasing volume of technology and digitalization, Islam comes with an Islamic da'wah mission that facilitates the expansion of information and communication, one of which is the role of journalism in conveying da'wah treatises through digital website platforms. The purpose of this study was to analyze the digital da'wah strategy of arrahmah.id in online journalistic da'wah. This research uses a qualitative approach through observation and observation by collecting data, developing descriptive analysis methods. Based on the results of the study, arrahmah.id is one of the Islamic sites that is not just the delivery of religion but also civilization and the development of Islamic thought. Through the presentation of various contents and features, it makes it easier for madu' readers to find information and news about the Islamic world in the national and international arena. The implication will ignite the enthusiasm of Muslims in upholding Rahmatan lil Alamin and Izzatul Islam to stick to the Qur'an and As Sunnah.
Abstrak: Semakin tingginya volume teknologi dan digitalisasi, Islam hadir dengan misi dakwah Islamiyah yang mempermudah perluasan informasi dan komunikasi, salah satunya peran jurnalistik dalam menyampaikan risalah dakwah melalui platfom digital website. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi dakwah digital dakwah arrahmah.id dalam dakwah jurnalistik online. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif melalui observasi dan pengamatan dengan mengumpulkan data, mengembangkan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, arrahmah.id merupakan salah satu situs Islam yang bukan sekedar penyampaian agama namun juga peradaban dan pengembangan pemikiran Islam. Melalui sajian konten dan fitur yang bermacam-macam memudahkan pembaca madu’ dalam mencari informasi dan berita seputar dunia Islam di kancah nasional maupun internasional. Implikasinya akan membakar semangat kaum muslimin dalam menegakkan Rahmatan lil Alamin dan Izzatul Islam untuk tetap berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah.
Keywords
References
AM. Waskito. (2013). Invasi Media Melanda Kehidupan Umat (Tim Pustaka Al-Kautsar (ed.)). Pustaka Al Kautsar, 2013.
Amaliah, E. (2019). Jurnalistik Islam Di Era Media Sosial. Komunika, 2(2), 128–152. https://doi.org/10.24042/komunika.v2i2.6035
Ananda, I. P. (2017). World Muslimah Sebagai Budaya Populer dalam Bingkai Media Online Islam. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(2), 165–190.
Arfan, I. A. (2017). Strategi komunikasi dalam gerakan dakwah Majelis Rasulullah: Studi kasus dalam pengajian Jaslatul Itsnan di Kec. Ciawigebang Kab Kuningan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
ASM. ROMLI. (2019). Sejarah Jurnalistik (Materi Kuliah “Pengantar Ilmu Jurnalistik” Jurusan KPI UIN SGD Bandung). 1–5.
Erna Safitri Yana. (2022). Jurnalisme Dakwah Pada Media Online Santrimenara.com. IAIN Kudus.
Harischandra G, T., Kamalludin, & Triwoelandari, R. (2021). MATERI DAN METODE DAKWAH MENURUT HAMKA (Studi Analisis Tafsir Al-Azhar Surat Luqman Ayat 12 -19). Rayah Al-Islam, 5(02), 403–418. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.471
Hidayat, T., Abdussalam, A., & Istianah. (2023). Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(2), 165–182.
Hidayat, T., Arridho, M. H., & Istianah. (2024). Metode Dakwah Qism Amn Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Sukabumi. Jurnal An-Nida, 16(1), 63–70.
Hidayat, T., Huda, M. S., & Istianah. (2024). Strategi Dakwah melalui Komik di Era Digital. Qulubuna: Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 237–255. https://doi.org/10.54396/qlb.v5i1.1206
Hidayat, T., Perdana, J., Istianah, I., Saputra, A., Erlina, L., Saket, S. A. S., & Al-Gumaei, A. M. A. (2024). Social Media Da’wah Strategy in Implementing Islamic Da’wah. ASEAN Journal of Religion, Education and Society, 3(1), 51–58.
Hidayat, T., Priyadi, G. R., & Istianah. (2024). Peran Program Dirosah Masaiyah dalam Peningkatan Kompetensi Dakwah Mahasiswa Prodi KPI STIBA Ar Raayah Sukabumi. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 24(1), 61–78. https://doi.org/10.15575/anida.v24i1.34241
Hidayatullah, M. S. (2015). Radikalisme dan Ideologisasi pada Tajuk Berita “Syiah Bukan Islam” dan “Syiah Aliran Sesat” pada Situs Arrahmah.com (Analisis Wacana Pemberitaan Media Online Islam). Al-Faz, 3(1), 1–18.
Ismatulloh, A. M. (2015). METODE DAKWAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Penafsiran Hamka terhadap QS. An-Nahl: 125). Lentera, IXX(2), 155–169. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21093/lj.v17i2.438
Jamaluddin, M. N. (2021). Wujud Islam Rahmatan Lil Âlamin Dalam Kehidupan Berbangsa Di Indonesia. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(2), 271–394. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i2.9505
Laily, I. N. (2022). Pengertian Website Menurut Para Ahli, Beserta Jenis dan Fungsinya Oleh. Braz Dent J.
Lisa Anggraini. (2019). Strategi dan Konten Dakwah dalam Website www. nu. or. id dan Website http://tarjih. muhammadiyah. or. id. UIN Antasari Banjarmasin.
M. Fawwaz Zakaria. (2021). Strategi Dakwah dalam Website Suara Nahdliyin. IAIN Kudus.
Maesaroh, N., & Achdiani, Y. (2018). Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern. Sosietas, 7(1), 346–352. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10348
Mariya, A., Hikmah, D. U., Istivarini, D., & El M, H. N. (2021). Pelaksanaan Konsep Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(2), 459–474.
Mazaya, V. (2022). Smart Dakwah di Era Society 5.0 ; Da’i Virtual dalam New Media. Iqtida: Journal of Da’wah and Communication, 2(1), 32–46.
Media, A. R. (n.d.). Arrahmah.com 5 tahun mengarungi badai menuju media umat terpercaya.
Pratiwi, A. A., Najihah, B. N., & Rizal, H. (2022). Dakwah Edukasi Digital: Analisis Konten Akun Instagram Mubadalah.Id Dalam Edukasi Keadilan Gender. Journal of Islamic Social Science and Communication, 1(2), 121–134.
Redaksi. (2005). About Arrahmah.com (Issue 2, pp. 1–7).
Redaksi Arrahmah.com. (n.d.). Arrrahmah.com versi baru : Berita dunia Islam & Jihad di ujung jarimu. Arrahmah.com.
Redaksi Arrahmah.com. (1999). Pedoman Media Siber Arrahmah.com (Issue 40).
RedaksiIB. (2020). 100 Situs Islam Indonesia , NU Online Peringkat Pertama.
Romli, A. S. M. (2022). Jurnalistik di Era Media Sosial: Apakah Wartawan Masih Dibutuhkan?
Rumata, F. ’Arif, Iqbal, M., & Asman. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama di kalangan pemuda. In Jurnal Ilmu Dakwah (Vol. 41, Issue 2).
Solehah, N., Fadhil, M. I., Keysha, M., Ferde, A., Wibowo, A., & Suharyat, Y. (2022). Etika Jurnalisme Dalam Pandangan Al-Qur’an. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 25–31.
Suriani, J. (2018). Komunikasi Dakwah Di Era Cyber. An-Nida’Jurnal Pemikiran Islam, 42(2), 30.
Sutrisno, E. (2020). Moderasi Dakwah di Era Digital dalam Upaya Membangun Peradaban Baru. Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah, 1(1), 56–83.
Taufikurrohman, A., Khulwati, E., & Hidayat, T. (2023). Optimalisasi Dakwah Keluarga di Masa Pandemi Covid 19. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 7(2), 75–87. https://doi.org/10.32832/komunika.v7i2.7489
Umma.id. (n.d.). al-quran--sunnah-adalah-jaminan-keselamatan-hidup.
Usman, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah. Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 1(1), 1–8.
We Are Social. (2022). Digital 2022 Indonesia. Databoks Katadata.
We Are Social, & Melwater. (2023). Digital 2023: Indonesia. Data Reportal.
Zuhri, S., Noor, M. H., & Miski, M. (2018). Komunitas Online www. arrahmah. com serta Seruan Kembali pada Al-Quran dan Hadis: Identitas, Ideologi, dan Imaji Fundamentalisme. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 1, 144–160.
Zulfikar. (2021). MEDIA DAKWAH MASJID (Studi Kasus : Masjid As Sofia Bogor). Rayah Al-Islam, 5(02), 427–436. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.473
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v8i1.26922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tatang Hidayat, Bilqisti Nur Masitoh, Istianah Istianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY: