Da’wah Media and the Challenges of Generation Z Popular Culture

Abiyyu Alfio Fano, Muhammad Ganda Marzuqi, Lilik Hamidah, Al Hidayahtul Mus Qoimah

Abstract


Abstrak: Era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan makin berkembangnya budaya populer di masyarakat, terutama pada Generasi Z, karena media menjadi sarana sosialisasi dan akulturasi berbagai budaya dari berbagai negara. Dalam konteks dakwah, media menjadi bagian yang strategis untuk menyebarkan pesan dakwah. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan media dakwah pada era makin berkembangnya budaya populer pada kalangan generasi muda. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis media yang populer digunakan oleh Generasi Z. Hasil dari kajian ini dapat diketahui bahwa terdapat tahapan-tahapan dalam produksi dan reproduksi konten dakwah di media yang telah dipenuhi oleh berbagai konten menarik lainnya. Maka konten dakwah dituntut untuk beradaptasi dengan pola yang ada dan dapat menjadi tandingan konten lain yang viral di media sosial tanpa keluar dari tujuan dakwah itu sendiri yakni menyeru kepada manusia tentang kebaikan serta nilai-nilai keislaman agar supaya dapat memperoleh kebahagian di dunia dan juga di akhirat.

 

 

Abstract:  The era of information and communication technology development has led to the development of popular culture in society, especially in Generation Z, because the media is a means of socialization and acculturation of various cultures from various countries. In the context of da'wah, the media is a strategic part of spreading da’wah messages. This study aims to identify and analyze the challenges of da'wah media in the era of growing popular culture among the younger generation. By using qualitative methods and analyzing media that are popularly used by Generation Z. The results of this study can be seen that there are stages in the production and reproduction of da’wah content in the media that have been filled with various other interesting content. So da’wah content is required to adapt to existing patterns and can be a counterpoint to other viral content on social media without getting out of the purpose of da'wah itself, which is to call people to goodness and Islamic values so that they can get happiness in the world and also in the hereafter.

Keywords


media dakwah; budaya populer; gen Z; da'wah media; popular culture; generation z

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2023). Pemanfaatan Media Dakwah Platform Digital di Era Generasi Z. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37567/cbjis.v5i2.3184

Ana, A. K., & Shofa, A. R. (2023). The Role of Social Media in Increasing the Relevation and Accessibility of Dakwah: Challenges and Strategies of Dakwah. Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.35905/jkmd.v5i1.5552

Azhimi Qalban, A., Jauza, G. F., & Mukaromah, I. A. (2022). Literasi Digital Dan Gen-Z: Prototipe Konsep Literasi Moderat Sebagai Media Smart Dakwah. Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.52802/hjh.v6i1.381

Budiantoro, W. (2017). Dakwah di Era Digital. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263–281. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1369

Chen, P., & Ha, L. (2023). Gen Z’s social media use and global communication. Online Media and Global Communication, 2(3), 301–303. https://doi.org/10.1515/omgc-2023-2006

Dalila, N. (2020). Strategi Storytelling, Spreadability Dan Monetization Podcast Sebagai Media Baru Komedi. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.38194/jurkom.v3i2.165

Fabriar, S. R., Fitri, A. N., & Fathoni, A. (2022). Podcast: Alternatif Media Dakwah Era Digital. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i1.3212

Fadhlurrahman, F. I., Ridwan, A., & Astuti, D. R. (2022). Strategi Personal Branding Habib Ja’far Dalam Kegiatan Dakwah di Youtube. 7(2).

GWI. (n.d.). The World’s Most Insightful Consumer Data—GWI. Retrieved March 11, 2025, from https://www.gwi.com/data

Hanief, A., Sabdo, S., & Nur, M. (2023). Pemanfaatan Channel Youtube Sebagai Media Dakwah Islam Pada Akun Youtube Felix Siauw. DECODING: Jurnal Mahasiswa KPI, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/decoding.v3i2.4925

Hasanah, R. (2024). Integration Of Technology In Da’wah: Utilization Of Social Media And Multimedia Content To Improve Accessibility And Da’wah Strategies Of Gus Iqdam. IJIC: Indonesian Journal of Islamic Communication, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35719/ijic.v7i1.2144

Https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang. (n.d.).

Iskandar, H. (2023). Dakwah Digital Dari Gen Z Untuk Gen Z (Gerakan Dakwah Media Pesantren). JDARISCOMB: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1). https://doi.org/10.30739/jdariscomb.v3i1.1991

Kencana, N. (2022). Edukasi Media Dan Popular Culture Dalam Menghadapi Tantangan Global Di Kalangan Remaja. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2709

Kholis, N. (2018). Syiar Melalui Syair (Eksistensi Kesenian Tradisional Sebagai Media Dakwah Di Era Budaya Populer). Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.22515/balagh.v3i1.984

Maesura’, L., & Khumaedi, M. (2024). Implementasi Media Sosial sebagai Sarana Revitalisasi Dakwah dalam Studi Kajian Hadis di Ruang Virtual: Analisis Konten Youtube “Adi Hidayat Official” Oleh Ustaz Adi Hidayat. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya, 6(1), 98–110. https://doi.org/10.31958/istinarah.v6i1.13111

Meyniar Albina, Wildan Sitorus, Azra Munazah Pulungan, & A. Zeni Azima. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Pendidikan (Suatu Alternatif Menumbuhkan Rasa Persaudaraan & Saling Menghormati). Cemara Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.62145/ces.v2i1.62

Siregar, A. S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Dakwah Dikalangan Mahasiswa Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.747

View of Analisis Konten Tentang Toleransi Beragama dalam Dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar di Channel Youtube Jeda Nulis. (n.d.). Retrieved December 9, 2024, from https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSIBC/article/view/11518/5134

Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif [Teaching Resources]. http://repository.uin-malang.ac.id/1984/




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v8i2.30322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Abiyyu Alfio Fano, Muhammad Ganda Marzuqi, Lilik Hamidah, Al Hidayahtul Musqoimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: jurnalkpi.ummat@gmail.com

 

INDEXED BY: