PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK IKAN MENJADI BAKSO IKAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA

Hasni Hasni, Dwi Agustyawati, Deki Pardana, Ahmad Daholu

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Sumber mata pencaharian masyarakat di kelurahan Kalialia utamanya petani dan nelayan. Terdapat permasalahan yang dialami oleh mitra Pengabdian ini. Adapun permasalahan mitra belum mengetahui cara pengolahan hasil laut, Peralatan belum memadai dalam pengolahan bahan baku yang dapat menunjang produksi dengan baik, efektif dan efisien, belum memahami cara produksi pangan olahan yang baik dan keamanan pangan berbasis Good Manu- facturing Practice (GMP), belum mengetahui bagaimana memasarkan hasil olahan ikan tersebut. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan serta wawasan kepada peserta tentang bagaimana cara pembuatan produk olahan ikan dalam hal ini bakso ikan, apa manfaatnya bagi perekonomian keluarga, bagaimana mendesaign agar produk olahan dapat menarik konsumen nantinya, bagaimana memasarkan produk olahan ini secara online. Metode kegiatan yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah: Lecturing, Mentoring dan Praktek. Hasil yang diperoleh adalah peserta  mengetahui cara pengolahan hasil laut, memahami bagaimana cara produksi pangan olahan yang baik dan keamanan pangan berbasis Good Manu- facturing Practice (GMP), memiliki pengetahuan bagaimana memasarkan hasil olahan ikan tersebut. Peserta aktif dalam proses diskusi materi mengenai pengolahan bakso ikan. Selain itu peserta juga aktif pada tahap praktek dan simulasi pembuatan bakso ikan. Tahap akhir kegiatan, peserta mencicipi bakso ikan Tuna yang sudah dibuat. Setelah pelaksanaan kegiatan ini diharapkan Peserta  mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat terutama ibu-ibu PKK, ibu-ibu lainnya di kelurahan Kalilia serta remaja perempuan untuk mendirikan usaha secara mandiri.

 

Kata kunci: Pemberdayaan; olahan ikan; Bakso Ikan


Keywords


Empowerment; processed fish; Fish meatball

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sukmawati, Bunyamin, Buana, Tjandra Buana, D. (2021). Alternatif Peningkatan Pendapatan Masyarakat Nelayan. Pengabdian Masyarakat, 2, 246–256.

Amini, N., & Permata, S. (2022). Pemberdayaan Ibu Pkk Melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan Produk Dari Olahan Pisang. Development, 1(2), 162–169.

Aulia Andhikawati1, Rega Permana, Nora Akbarsyah, P. K. P. (2022). Penyuluhan Dalam Pemanfaatan Ikan Tenggiri Menjadi Bakso Ikan Di Desa Cintaratu, Pengandaran. Farmers: Journal of Community Services, 3(2), 35–39.

Fadly Musaddat. (2012). Rencana Pengembangan Desa Pesisir (RPDP) Kelurahan Kalialia.

Godang, P., Wiyati, R., Maryanti, S., Thamrin, ; M, Diklat, ), Jurnal, R. :, … Pelatihan, D. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Membuat Olahan Makanan Frozen di Kelurahan Tobek Godang Pekanbaru. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 6(1), 46–52. Retrieved from https://www.ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/848

Lita Sarih, et all. (2021). BAKTIMU : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STF Muhammadiyah Cirebon. BAKTIMU : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STF Muhammadiyah Cirebon, 1(2), 95–104.

Napitupulu, S., Pratiwi, R., & Rahman, A. (2022). Manajemen Usaha Kuliner Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur Dalam Menghadapi Era New Normal. 1(10), 1197–1204.

Sukiman, M., Irawan, C., Utami, A., Putri, I. D., Suhartini, S., Ramadhanti, A., & Dewanta, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Frozen Food (Bakso Sapi dan Bakso Ikan) sebagai Usaha Rumahan Penggerak Roda Perekonomian Keluarga dimasa Pandemi di Desa Cibadak Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat AKA, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.55075/jpm-aka.v2i1.81




DOI: https://doi.org/10.31764/joce.v1i2.12115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.