PENDAMPINGAN PENINGKATAN KINERJA UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN NEW NORMAL

Ahadiah Agustina, Mukmin Mukmin

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebabkan terjadinya peningkatan kinerja pada Distro Heartbreak Project selama pandemi Covid-19, upaya-upaya yang dilakukan Distro Heartbreak Project untuk mempertahankan going concern dalam menghadapi pandemi, dan mengetahui kelebihan dan kekuatan yang dimiliki Distro Heartbreak Project berdasarkan analisis SWOT. Metode pengabdian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan value chain analysis untuk menilai dan meninjau kegiatan perusahaan dan analisis SWOT untuk mengetahui strategi maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan. Hail pendampingan ini adalah value chain analysis Distro Heartbreak Project telah melakukan kegiatan perusahaan dengan baik mulai dari proses pra-produksi (pemilihan bahan baku) hingga distribusi produk sampai ke tangan konsumen. Peningkatan penjualan dan posisi keuangan yang cenderung lebih stabil selama masa pandemi dikarenakan manajemen keuangan yang diterapkan selama kegiatan produksi, promosi hingga distribusi berjalan dengan baik. Selain itu proses promosi selama mas pandemi dilakukan dengan fokus kepada media online dengan menentukan target pasar yang tepat. Oleh karena itu selama masa pandemi Distro Heartbreak Project masih tetap eksis bahkan mengalami kenaikan kinerja dan keuangan lebih stabil.

Kata kunci: UMKM, Kinerja UMKM, Value Chain, Pandemi Covid-19

 

ABSTRACT

Devotion was conducted with the aim of knowing what caused the increase in performance of the Distro Heartbreak Project during the Covid-19 pandemic, how the efforts were made by the Distro Heartbreak Project to maintain going concern in pandemic, and knowing what the advantages and strengths of the Distro Heartbreak Project were based on SWOT analysis. The research method used is descriptive analysis using value chain analysis to assess and review the company's activities and SWOT analysis to determine the strategies and strengths and weaknesses of the company. The results showed that based on the value chain analysis, the Heartbreak Project Distro has carried out the company's activities well, starting from the pre-production process (selection of raw materials) to product distribution to consumers. The increase in sales and financial position which tends to be more stable during the pandemic is due to the financial management implemented during production, promotion and distribution activities that went well. In addition, the promotion process during the pandemic is carried out with a focus on online media by determining the right target market. Therefore, during the pandemic, the Heartbreak Project distribution still exists and even experiences an increase in performance and more stable finances.

Keywords: MSMEs, MSME Performance, Value Chain, Covid-19 Pandemic


Keywords


UMKM, Kinerja UMKM, Value Chain, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin, A., & Daniawan, B. (2021). Perancangan model strategi bisnis bebas bunga untuk pemulihan UMKM pasca pandemi COVID-19. Journal Industrial Servicess. https://doi.org/10.36055/jiss.v7i1.13041

Aldania, A., & Niswah, F. (2021). Strategi Kompetitif Melalui Program Pahlawan Ekonomi Dalam Pemberdayaan Umkm Pasca Pandemi Covid-19 (Studi padaPemerintah Kota Surabaya). Publika. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p137-148

Anda, A., Zulfadli, Z., & Fahmi, A. (2021). Klasterisasi UMKM Pasca Vaksinasi Covid 19. TECHSI - Jurnal Teknik Informatika. https://doi.org/10.29103/techsi.v13i2.6653

Anfas. (2022). Relefansi Sharing Economy dalam Pengembangan UMKM Pasca COVID-19. Journal of Management and Bussines (JOMB).

Busthomi. (2020). Ini Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi. In TopBusiness.

Cahyo, B., Thosim, T., & Wirdati, I. E. (2022). Pengembangan Skill dan Produktivitas Terhadap UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Jatipecaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia. https://doi.org/10.26714/jipmi.v1i3.30

Goyena, R., & Fallis, A. . (2019). Data Statistika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lubis, D. S. W. (2022). Strategi Pemulihan Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid19 Melalui Peningkatan Kualitas SDM. Prosiding Seminar Nasional Sosial ….

Nurlaela, N., & Haryono, S. (2022). Analisis Pertumbuhan UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tanjung Barat Jakarta Selatan. Sosio E-Kons. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i1.12027

Pamungkas, F., Meiliana, R., & Siregar, N. Y. (2022). Pengembangan Digitalisasi UMKM Minangrua Pasca Pandemi Covid-19. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4625

Pranatasari, F. D. (2021). Agile Marketing Sebagai Solusi Business Disruption Menuju Kebangkitan Bisnis Umkm Pasca Covid-19. Modus. https://doi.org/10.24002/modus.v33i2.4662

Prayitno, E., Tarigan, N., Sukmawaty, W., & Mauidzoh, U. (2022). Kebangkitan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Kebangkitan Umkm Pascapandemi Covid-19.

Rumayanto, T., Sanusi, S. N., & Sihombing, S. (2022). Strategi Pengembangan UMKM Pasca COVID-19. Journal on Education.

Soimah, N., Messi, M., & Imelda, D. Q. (2022). Strategi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Terhadap Umkm Pada Masa Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.12850

Sulaeman, S., & Wirawan, A. (2021). Ta’awuni-Based Micro Insurance Model Bagi Umkm: Upaya Mendukung Pengembangan Ekosistem Industri Halal Pasca Covid-19 Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.21274/an.v8i1.3755

Wijoyo, H., & Widiyanti. (2020). Digitalisasi Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Riau. Prosiding Sinagara: Inovasi Dalam Mewujudkan Sdg’s Pada Era Post Pandemik.




DOI: https://doi.org/10.31764/joce.v2i1.15449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.