MERAWAT DAN PENGENALAN WISATA SITUS SEJARAH MAKAN LOANG BALOQ KELURAHAN TANJUNG KARANG KECAMATAN SUKARBELA KOTA MATARAM

Ilmiawan Mubin, Muani Muani, Ahmad Afandi, Rosada Rosada, Dian Eka Mayasari, Putri Maya Masyitah, Zainudin Zainudin

Abstract


ABSTRAK

Makam Loang Baloq merupakan salah satu situs sejarah  yang beralokasi di Kota Mataram.  Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan situs sejarah yang ada di Kota Mataram supaya dikenal oleh masyarakat. Metode yang dilakukan adalah observasi, ekplorasi ide,  perencangan, dan pelaksanaan kegiaatan. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Petugas penunggu makam, dosen pembimbing, mahasiswa program pendidikan sejarah  Fakulas Keguruan Ilmu dan Pendidikan UMMat. Hasil dari kegiatan  ini berupa merawat situs sejarah dan mengenal sejarah makam Loang Baloq. Adapun informasi sejarah makam Loang Baloq  dapat menambah wawasan sejarah lokal mahasiswa pendidikan sejarah.   

 

Kata kunci: Perawatan, Pengenalan, Makam Loang Baloq, Mataram

 

 

ABSREACT

Loang Baloq Tomb is one of the allocated historical sites in Mataram City.  The purpose of this service activity is to introduce historical sites in Mataram City so that they are known by the public. The methods carried out are observation, exploration of ideas, planning, and implementation of activities. The parties involved in this activity are grave waiting officers, supervisors, students of the history education program, Faculty of Teacher Training and Education UMMat. The result of this activity is in the form of caring for historical sites and getting to know the history of Loang Baloq's tomb. The historical information of Loang Baloq's tomb can add insight into the local history of history education students.   

 

Keywords: Care, Introduction, Loang Baloq Tomb, Mataram

Keywords


Care, Introduction, Loang Baloq Tomb, Mataram

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Asnawi (2005). Respons Kultural Masyarakat Sasak terhadap Islam. Jurnal Ulumuna, Vol. IX edisi 15 Januari-Juni.

Buhungo, R. A. (2012). Faktor perilaku Kesehatan Masyarakat dan Kondisi Lingkungan Rumah

Dengan Kejadian Malaria. Jurnal Health and Sport. Vol. 5, No. 2

Juniawandahlan. (2017, Januari 31). Menjaga, Merawat, dan Melestarikan Peninggalan Sejarah, (Online), https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/mkn/menjaga-merawat-dan-melestarikan-peninggalan-sejarah/), diakses pada 19 September 2023.

Nurfahrul Lukmanul Khakim (2020). Kegiatan Perawatan dan Pengenalan Wisata Situs Sejarah pada Zaman Kolonial Makam Dinger di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Praksis dan Dedikasi Vol 3 (1) hal 6-10 https://www.researchgate.net/publication/341106773

Warsito. (2012). Antropologi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.




DOI: https://doi.org/10.31764/joce.v2i2.19692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.