SOSIALISASI DAN PROMOSI (SOSPRO) SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN 2024 PADA SMK NEGERI 2 KENDARI

Bahdin Ahad Badia, Mardis Darwis, Sry Defy, Feliks Eldad Larobu, Angga Asteriasti Aji

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Sosialisasi dan promosi penerimaan mahasiswa baru merupakan langkah penting dalam menarik minat calon mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Tridaya Virtu Morosi tahun 2024 kepada siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode yang digunakan meliputi presentasi, wawancara, distribusi brosur, dan diskusi interaktif dengan siswa dan guru di sekolah-sekolah terkait. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap mengenai proses seleksi, program studi yang ditawarkan, persyaratan pendaftaran, dan prospek karir lulusan Politeknik Tridaya Virtu Morosi. Mitra sasaran dari kegiatan ini adalah siswa kelas 12 yang akan segera lulus dan guru-guru yang terlibat dalam proses bimbingan karir di SMK Negeri 2 Kendari, dengan jumlah peserta mencapai 150 siswa dan 10 guru. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa informasi mengenai seleksi penerimaan dan program studi dapat disampaikan dengan baik. Respon positif dari pihak sekolah dan siswa terlihat dari antusiasme yang tinggi dan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendaftar dan membantu siswa dalam memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Kata kunci: sosialisasi dan promosi, penerimaan  mahasiswa baru, SMK, efektivitas program, pendidikan tinggi

 

ABSTRACT

The purpose of this activity is to conduct outreach and promotion related to the 2024 New Student Admission Selection for Politeknik Tridaya Virtu Morosi to students of Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara Province. The implementation methods used include presentations, interviews, brochure distribution, and interactive discussions with students and teachers at the related schools. The results achieved are the successful dissemination of information regarding the New Student Admission Selection, the study programs offered, registration requirements, and career prospects for graduates of Politeknik Tridaya Virtu Morosi to prospective new students. This outreach activity received positive responses from the schools and students, as evidenced by the enthusiasm and numerous questions raised. The target partners for this activity are 150 twelfth-grade students who will soon graduate and 10 teachers involved in career guidance at SMK Negeri 2 Kendari. The results indicate that the information on the admission selection and study programs was well conveyed. The positive response from the schools and students is demonstrated by the high enthusiasm and many questions asked. This outreach activity is expected to increase the number of applicants and help students choose the right higher education institution according to their interests and talents.

Keywords:  socialization and promotion, new student admission, vocational high school, program effectiveness, higher education


Keywords


sosialization and promotion; new student admission; vocabulary; vocational high school; program effectiveness; higher education

References


Alfian, I. N. (2014). Peran promosi dalam kegiatan pemasaran program studi baru pada perguruan tinggi swasta. Jurnal Strategi Akuntansi, 4(2), 1-16.

Amir, M. T. (2018). Peran sosialisasi dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(1), 126-135.

Arimbawa, I. G. N., & Rahyuda, A. G. (2013). Peran promosi dalam meningkatkan keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi STIE Triatma Mulya, 18(2), 1-17. https://doi.org/10.29303/jrm.v18i2.29

Handayani, T., & Hutagalung, I. (2017). Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di era digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121-130. https://doi.org/10.24114/jmp.v4i2.8317

Handoko, B., Batari, A., & Sudibyantoro, E. (2017). Faktor penentu keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi (Studi kasus pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Manajemen, 21(3), 404-423. https://doi.org/10.24912/jm.v21i3.252

Hayati, N. (2020). Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 91-102.

Kusumawati, A. (2013). Analisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam meningkatkan minat beli ulang (Studi kasus pada konsumen Restoran Mamamia Semarang). Jurnal Manajemen, 2(3), 1-10. https://doi.org/10.14710/jmr.v2i3.6087

Lestari, P., & Iskandar, D. (2019). Efektivitas promosi penerimaan mahasiswa baru melalui media sosial. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 20(1), 23-32. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20i1.332

Maulana, A. (2018). Analisis strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Jakarta [Skripsi, Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/123456789/456

Mardikanto, T. (2014). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi, M. (2015). Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 144-153.

Nugroho, A., & Sumartono. (2016). Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi swasta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.24114/jmp.v3i1.6701

Primasari, I., & Haryono, A. T. (2021). Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan mendaftar mahasiswa baru. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.1-8

Purwati, A., & Munadi, S. (2019). Pengaruh faktor-faktor dalam memilih perguruan tinggi bagi calon mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 7(1), 24-35. https://doi.org/10.30653/005.201971.33

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sari, R. P., & Setiawan, A. (2020). Analisis strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di era digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.33830/jmp.v7i1.923

Solikhah, E., Satria, B., & Suryanto, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 135-146. https://doi.org/10.21831/jpe.v13i2.32579

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryani, N. K., & Hendryadi, H. (2015). Metode riset kuantitatif: Teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Prenada Media.

Suyitno, S. (2018). Metode pemasaran jasa pendidikan lembaga pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 89-97. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.21203

Ulfatin, N., Sumardi, S., & Suparno, S. (2016). Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1697-1705. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6687

Wahyudin, D. (2016). Sosialisasi dan promosi dalam meningkatkan minat calon mahasiswa baru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 139-149.

Wijaya, D. (2017). Peran media sosial dalam promosi penerimaan mahasiswa baru. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(2), 1-8. https://doi.org/10.25126/jtiik.202184257

Yin, R. K. (2014). Studi kasus: Desain dan metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.