PELATIHAN PRAKTIKUM LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS PHET SIMULATION PADA SISWA SMA KARTIKA XX-2 KENDARI

La Sahara La Sahara, Waode Alkamalia, Nilawati Ute

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa, hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman konsep fisika. Hal ini juga dialami oleh siswa SMA Kartika XX-2 Kendari. Minimnya penggunaan laboratorium sebagai salah satu pendukung pembelajaran fsika menjadi salah satu faktor rendahnya pemahaman fisika di SMA Kartika XX-2 Kendari. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan PhET simulations sebagai laboratorium virtual untuk membantu pemahaman konsep fisika pada siswa kelas XII IPA SMA Kartika XX-2 Kendari. Kegiatan ini diikuti oleh kelas XII IPA yang berjumlah 30 siswa. Metode pelaksanaannya yaitu: (1) Melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan mencari solusi pemecahannya, (2) melaksanakan kegiatan yaitu pelatihan pengenalan praktikum laboratorium virtual berbasis PhET simulation, (3) evalusi pelaksanaan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan yang telah dilakukan menunjukakan bahwa terjadi peningkatan pada pemahaman konsep fisika siswa sebesar 75%, peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 87%, keaktifan siswa sebesar 83%, ketertarikan siswa sebesar 90%, kemampuan mengoperasikan PhET sebesar 82%  serta tingkat kepuasan mencapai 84%.

 

Kata kunci: konsep fisika; laboratorium virtual; Phet simulation. 

 

ABSTRACT

Physics lessons are considered difficult by some students, which impacts their understanding of physics concepts. This issue is also experienced by students at SMA Kartika XX-2 Kendari. The limited use of laboratories as a support for learning physics is one of the factors contributing to the low understanding of physics at SMA Kartika XX-2 Kendari. The aim of this community service project is to introduce PhET simulations as a virtual laboratory to help students in class XII IPA at SMA Kartika XX-2 Kendari understand physics concepts. This activity was attended by 30 students from class XII IPA. The implementation methods are as follows: (1) Conducting a survey to identify the problems faced by the partner and finding solutions, (2) Conducting an activity, namely training on the introduction of virtual laboratory practicals based on PhET simulations, (3) Evaluating the implementation of the activity. The results of the training showed an improvement in students' understanding of physics concepts by 75%, an increase in students' learning motivation by 87%, student activity by 83%, student interest by 90%, the ability to operate PhET by 82%, and a satisfaction level of 84%.

 

Keywords: physics concepts; virtual laboratory; PhET simulation.


Keywords


physics concepts; virtual laboratory; PhET simulation

Full Text:

PDF

References


Adam, R. I., Rizal, A., & Susilawati, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Kualitas Pemahaman Konsep Fisika Di Sma Negeri 6 Karawang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 95–98. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1008

Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan PhET Simulation bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 55. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i2.574

Bogar, D. Y., Jufriansah, A., & Prasetyo, E. (2023). Buletin Edukasi Indonesia (BEI) Title: Paper Formatting for IISTR (max. 12 words) (First author, et al Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. BEI by IISTR, 2(03), 102–112. https://doi.org/10.56741/bei.v2i03.397

Darmaji, D., Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan Phet Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Ipa Dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14252

Elisa, E., Mardiyah, A., & Ariaji, R. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN AKTIVITAS MAHASISWA MELALUI PhET SIMULATION. PeTeKa, 1(1), 15. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i1.15-20

Ernawati, E., Lestari, P. I., & Nur, R. A. (2022). Digitalisasi Pembelajaran Melalui Pendampingan Penggunaan Virtual Laboratory Berbasis Android Pada Guru SMA DDI Kabupaten Maros. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 1–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9504%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/9504/pdf

Istikomah, I., & Arsini, A. (2023). Pelatihan Praktikum Fisika Bermuatan Unity of Science Berbasis Aplikasi PhET Simulations. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 706–712. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.436

Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6

Meiliyadi, L. A. D., Ruhana, B. A., & Khasanah, N. (2023). Pengenalan virtual laboratory berbasis Physics Education Technology (PhET) interactive simulation sebagai alternatif praktikum pada siswa sekolah internasional luar negeri Riyadh. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 60–69. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6189

Muflihah, N., Ayu NFA, F., Hasyim Asy, U., & Tebuireng Jombang, ari. (2023). Pengenalan PhET Simulation sebagai Media Praktikum Virtual Pelajaran Fisika. Abidumasy: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–23.

Purwanti, P., Bhakti, Y. B., & Jahrudin, A. (2023). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Penggunaan Praktikum Virtual Phet Simulation pada MGMP Fisika SMA Kabupaten Lebak. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(3), 337. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i3.17223

Purwanti, P., & Mayanty, S. (2023). PKM Praktikum Virtual Phet Interactive Simulation untuk Siswa SMPIT Daaruttaqwa. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian …, 2(2), 232–241. https://journal.unindra.ac.id/index.php/kapas/article/view/2194

Purwanti, P. P., Dasmo, D., & Mayanty, S. (2022). Pelatihan Laboratorium Virtual Crocodile Physics 605 Pada Mgmp Fisika Sma Kabupaten Karawang. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 37. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.12019

Putri, S. S., Khotimah, S. N., Rayvan, M., Oktaviani, Y., & Astuti, I. A. D. (2021). Pelatihan Physics Virtual Experiment Sebagai Solusi Praktikum Fisika Pada Masa Pandemi. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 400. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i4.10420

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Saputro, S. D., Stefany, E. M., Setyawan, A., & ... (2023). Pelatihan Praktikum Laboratorium Virtual Fisika Menggunakan Aplikasi Phet Simulation Terintegrasi Rw-Vlab Bagi Guru Dan Siswa. JCES (Journal of …, 6(4), 1–10. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/17692

Sartika, S. B., Efendi, N., & Rocmah, L. I. (2020). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA dan Matematika di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 201–208. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.368

Serevina, V., Yumna, A., Islamiah, N., Studi, P., Fisika, P., Jakarta, U. N., & Timur, J. (2021). Pelatihan Media PhET Simulation Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Aplikasinya (JPMSA), 1(2), 14–23. https://doi.org/10.21009/jpmsa.v1i2.22673

Simbolon, M., Henukh, A., Reski, A., & Silubun, H. C. A. (2023). Pelatihan Blended Learning Menggunakan Virtual Laboratory Berbasis Phet Interactive Simulation Di Smas Ypk Merauke. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 599. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13755

Sujanem, R., Sutarno, E., & Aris Gunadi, I. G. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17485




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v3i1.23720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.