Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Gelang Manik-Manik Untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik di PKBM Alam Medan Sejahtera

Sani Susanti, Anugrah Anugrah, Marisa Almarind, Desi Damaiyana, Nurlailly Syahputri, Devi Ariani

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Pengangguran dan tenaga kerja ialah suatu permasalahan yang dihadapi berbagai negara, terutama negara yang perkembangannya lambat. Pengurangan jumlah pengangguran dapat dikurangi dengan menggunakan metode alternatif seperti minat berkewirausahaan. Kewirausahaan merupakan suatu proses yang sangat inovatif dan kreatif dengan risiko tinggi dalam menciptakan nilai tambah produk maupun jasa terhadap pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kreatif, jiwa kewirausahaan, dan rasa percaya diri terhadap peserta didik PKBM Alam Medan Sejahtera. PKBM Alam Medan Sejahtera adalah salah satu yayasan swasta yang berdiri pada tahun 2019 dan beroperasi pada tahun 2020. PKBM Alam Medan Sejahtera menyediakan pembelajaran berbasis life skill serta kejar paket A, B, dan C. Diharapkan dengan melakukan bimbingan belajar tatap muka bersama siswa didik, kreativitasnya dalam berwirausaha akan meningkat. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi dan survey. Instrumen analisis data dalam penelitian ini adalah kualititatif deskriptif, dengan demonstrasi pembuatan manik - manik tangan secara perlahan dan metodis. Subyek penelitiannya adalah siswa PKBM Alam Medan Sejahtera. Berdasarkan hasil observasi, masih sedikit anak-anak PKBM Alam Medan Sejahtera yang mengetahui cara membuat gelang dari manik - manik. Melalui latihan ini siswa dapat mempelajari dan berlatih membuat gelanng manik-manik. Agar anak - anak mampu membuat manik - manik khususnya gelang. Hasil dari pelatihan ini adalah peserta pelatihan dapat berwirausaha dengan menciptakan kerajinan tangan. Selain itu juga dapat diperoleh hasil dari proses pembuatan gelang yang dilakukan oleh peserta didik tanpa penundaan.

 

Kata kunci: pelatihan wirausaha; gelang manik-manik; kreatif

 

ABSTRACT

The aim of this research is to improve the creative abilities, entrepreneurial spirit and self-confidence of PKBM Alam Medan Sejahtera students. It is hoped that by conducting face-to-face tutoring with students, their creativity in entrepreneurship will increase. The method used is a slow and methodical demonstration of making hand beads. The research subjects were PKBM Alam Medan Sejahtera students. Based on observations, there are still very few PKBM Alam Medan Sejahtera children who know how to make bracelets from beads. Through this exercise students can learn and practice making beaded bracelets. So that children can make beads, especially bracelets. The output of this training is that training participants can create handicrafts according to their goals. Apart from that, students can also obtain results from the bracelet making process carried out without delay.

 

 

Keywords: entrepreneurship training; beaded bracelets; creative


Keywords


entrepreneurship training; beaded bracelets; creative

Full Text:

PDF

References


Alma, B.2008. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Cahyani, D. P., Azwar, & Purnamarini, R. T. (2021). Pemberdayaan Masayarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pelatihan Kerajinan Tie Dye. Journal Masyarakat Mandiri, 5(6), 3203–3211. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5736

Heru Kristanto. (2019). Kewirausahaan entrepreneurship pendekatan manajemen dan paraktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000

Kaswan, & Akhyadi, A. S. (2015). Social entrepreneurship (Mengubah masalah sosial menjadi peluang usaha). Bandung: Alfabeta.

Malik, A., & Mulyono, S. E. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 87–101. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15151

Nainggolan, S. P., Kiswari, F. P., Mushardiva, M., Dewi, R. K., & Rufaidah, D. (2024). Pelatihan Pembuatan Gelang Makrame Manik-Manik. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.55681/ejoin.v2i1.1959

Nugroho, M. B. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Smp N 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech, 1(1), 1689–1699.

Rifai, A. (2008). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal. Semarang: Unnes Press.

Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa Smk. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125–129. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i2.741




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v3i1.23730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.