BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH DI TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

sumarlin hattab, Erni Sona Aristia, Sumarlin Sumarlin, Sahratullah Sahratullah

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

SDN 13 Taliwang merupakan salah satu Sekolah Dasar di Kabupaten Sumbawa Barat yang tergolong masih baru, namun usaha sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari implementasi beberapa program ekstrakurikuler sekolah untuk mendukung pengembangan kemampuan siswa dalam bidang akademik dan non aka demik. Salah satu program yang sudah dilaksanakan adalah bimbingan belajar Bahasa Inggris akan tetapi kegiatan tersebut tidak terlaksana secara optimal dan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa masih sangat kurang. Oleh karena itu, Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi sekolah khususnya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. PKM ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu pertama mengadakan pre-test untuk mengukur kemampuan awal siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Selanjutnya melaksanakan kegiatan bimbingan belajar Bahasa Inggris selama enam bulan. Tahapan terakhir yaitu memberikan post-test untuk mengukur peningkatan kemapuan berbicara Bahasa Inggris. Hasil pre-test menunjukkan bahwa pemahaman kosa kata dan keterampilan berbicara siswadalam Bahasa Inggris masih sangat rendah. Selama proses bimbingan, siswa terlihat sangat termotivasi dan menunjukan pekembangan yang baik dalam memahami kosa kata dan berbicara dalam bahasa Inggris. Hasil post-test menunjukkan keterampilan siswa dalam berbicara dalam B ahasa Inggris meningkat secara signifikan.

 

Kata kunci: Bimbingan bahasa inggris; siswa sekolah dasar.

 

ABSTRACT

SDN 13 Taliwang is one of the elementary schools in West Sumbawa Regency which is still relatively new, but the school's effort to improve the quality of education is very high. This can be seen from the implementation of several school extracurricular programs to support the development of students' abilities in academic and non-academic fields. One of the programs that has been implemented is English tutoring, but this activity is not carried out optimally and students' English speaking ability is still lacking. Therefore, this Community Service Program (PKM) was implemented with the aim of providing solutions to problems faced by schools, especially to improve students' ability to speak English. This program was carried out in several stages, firs,conducting a pre-test to measure students' ability in speaking English. Then carry out English tutoring activities for six months. The last stage is giving a post-test to measure the improvement in English speaking ability. The results of the pre-test showed that the students' vocabulary comprehension and speaking skills in English were still very low. During the tutoring process, the students were very motivated and showed good development in understanding vocabulary and speaking English. The results of the post-test showed that the students' speaking skills in English increased significantly.

 

Keywords: English learning tutoring; elementary school students.


Keywords


English learning tutoring; elementary school students

Full Text:

PDF

References


Agustina, E., Rohmah, A., & Kuspiyah, H. R. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.415

Byslina Maduwu. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta, 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong Asean. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/Pentingnya-Kemampuan-Berbahasa-Inggris-Sebagai-Dalam-Menyongsong-Asean-Community-2015_Sri-Handayani.pdf

Ismiati. (2016). ‘The effectiveness of Total Physical Respond Method and Direct Method in Teaching English for Kids.’ Universitas Cordova.

Kustini, S. (2016). Pengembangan karakter cerdas melalui pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Intekna, 16(2), 109–114.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.

Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2017). Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2607

Nasution, S. (2016). Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Warta, 50(1), 15–19.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1 (enam). Erlangga.

Permindikbud No. 67. 2013 tentang Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum untuk Sekolah Dasar.

Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 1(2), 47–57. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.226

Syad, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi Metode Total Physical Response (Tpr) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Bisman, Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol. 3(1). https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/64




DOI: https://doi.org/10.31764/joce.v1i2.9612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.