Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional untuk Masyarakat Perumahan Graha Mitra Citra Balai Warga RT 07/RW05 Kec. Panongan

Meta Safitri, Sefi Megawati, Diana Sylvia, Arini Aprilliani

Abstract


Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan. Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena percaya memberikan manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran dan kecantikan dan meningkatkan stamina tubuh. Badan Pengawasan Obat dan Makanan, mengelompokkan obat herbal menjadi tiga bentuk sediaan yaitu sediaan jamu, sediaan herbal terstandar dan sediaan fitofarmaka. Jamu gendong merupakan salah satu obat tradisional yang sangat diminati masyarakat karena selain harganya terjangkau dan mudah diperoleh, jamu gendong juga mudah dijumpai, baik di kota maupun di desa. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara membuat serbuk jamu yang baik dan bermutu sehingga dapat dijadikan serbuk jamu baik untuk konsumsi sendiri atau untuk diperjual belikan. Berdasarkan hasil kuesioner dari kegiatan ini, masyarakat merasa terbantu dengan bertambahnya ilmu pengetahuan mereka mengenai jamu tradisional dan merasa antusias jika akan dilaksanakan lagi kegiatan seperti ini. Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan. Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena percaya memberikan manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran dan kecantikan dan meningkatkan stamina tubuh. Badan Pengawasan Obat dan Makanan, mengelompokkan obat herbal menjadi tiga bentuk sediaan yaitu sediaan jamu, sediaan herbal terstandar dan sediaan fitofarmaka. Jamu gendong merupakan salah satu obat tradisional yang sangat diminati masyarakat karena selain harganya terjangkau dan mudah diperoleh, jamu gendong juga mudah dijumpai, baik di kota maupun di desa. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara membuat serbuk jamu yang baik dan bermutu sehingga dapat dijadikan serbuk jamu baik untuk konsumsi sendiri atau untuk diperjual belikan. Berdasarkan hasil kuesioner dari kegiatan ini, masyarakat merasa terbantu dengan bertambahnya ilmu pengetahuan mereka mengenai jamu tradisional dan merasa antusias jika akan dilaksanakan lagi kegiatan seperti ini.

Kata kunci: Jamu; Pelatihan; Obat tradisional; Pembuatan jamu


Full Text:

PDF

References


Andriati, A., & Wahjudi, R. T. (2016). Tingkat penerimaan penggunaan jamu sebagai alternatif penggunaan obat modern pada masyarakat ekonomi rendah-menengah dan atas. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 29(3), 133-145.

Chandriyanti, I., Sopiana, Y., Sa’roni, C., Suherty, L., Fahrati, E., Maulina, D., & Pahlevi, K. (2023). Pemberdayaan Tanaman Herbal Pengelolaan Jamu Rumahan di Desa Kolam Kanan Kabupaten Barito Kuala. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2127-2135.

Fibiona, I., & Lestari, S. N. (2015). Rivalitas Jamu Jawa Dan Obat Tradisional Cina1 Abad Xix-Awal Abad XX. Patra Widya: Seri Penerbitan Penelitian Sejarah dan Budaya., 16(4), 483-496.

Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sd Di Sdn Margorejo Vi Surabaya. Prosiding Semadif, 1.

Mayasari, F., & Retnowati, N. (2016). Usaha Jamu Tradisional Di Desa Sumber Pinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Prosiding.

Mayefis, D., Sammulia, S. F., Widiastuti, S., & Meileni, D. P. (2022). Penyuluhan Pembuatan Jamu Kunyit Asam Dan Jamu Empon-Empon Dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Masyarakat Di Daerah Puskesmas Tiban Baru. Jurnal Abdi Masyarakat Kita, 2(1), 78-90.

Pratiwi, N. Y., Febiyana, F., Christanti, M., Permatasari, A. D., Siregar, M., Damayanty, P., Dharma, D. A., & Djunaidy, D. (2021). Membantu Umkm Dalam Memasarkan Produk Di Marketplace Shopee Dan Tokopedia. Jurnal Pengabdian Teratai, 2(2), 135-142.

Zainol, A., Ronasari, M. P., & Ninin Khoirunnisa, N. (2019). Similarity Jamu Tradisional Ditinjau dari Aspek Ekonomi dan Kesehatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.