Pemanfaatan dan Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk Kosmetik untuk Meningkatkan Marketing pada Umkm Kosmetik Baru di Kota Kediri

Anis Akhwan Dhafin, Elsa Mahardika Putri, Okky Intan Mawarni, Herman Herman, Winartiana Winartiana

Abstract


Secara nasional pertumbuhan industri skincare di Indonesia seperti perawatan tubuh sekitar enam persen. Kondisi tersebut jauh di bawah industri makanan, tetapi penetrasi pasarnya mencapai 70 persen karena produk tersebut dipakai oleh semua kalangan usia. Sehingga memicu para pelaku UMKM untuk terjun dalam pembuatan produk kecantikan dan kosmetik. Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Di zaman yang telah maju, sebuah industri maklon membutuhkan pemasaran digital sebagai bentuk marketingnya. Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dari UMKM Kosmetik baru untuk memperluas penjualan melalui sosial media, membangun minat masyarakat dan dapat membantu UMKM Kosmetik baru ini untuk mendapatkan konsumen baru dan memperluas target pasar melalui sosial media. Metode pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara tetap muka, diskusi dan pemantauan hasil. para anggota UMKM kosmetik sebagai pelaku usaha baru sangat antusias dalam pembuatan iklan atau digital marketing ini untuk membantu pemasaran produk mereka. Sebuah usaha tanpa marketing yang baik akan cukup sulit dalam memperkenalkan sebuah produk UMKM yang baru memulai, sehingga penting bagi para pemilik UMKM dapat memahami peran digital marketing sebagai promosi prodak kosmetik.

 

Abstract

Nationally, the growth of the skin care industry in Indonesia, including body care, is around six percent. This condition is far below the food industry, but its market penetration reaches 70 percent because all age groups use the product. This triggers UMKM players to jump into making beauty and cosmetic products. Digital marketing is an effort to promote a brand using digital media that can reach consumers in a timely, personal, and relevant manner. The type of digital marketing includes many techniques and practices in the Internet marketing category. In an advanced era, the making industry needs digital marketing as a form of marketing. This writing aims to increase the selling value of the new Cosmetic UMKM to expand sales through social media, build public interest, and help this new Cosmetic UMKM to get new consumers and expand the target market through social media. This community service method is carried out face-to-face, discussing and monitoring results. Members of cosmetic UMKM, as new business actors, are enthusiastic about making advertisements or using digital marketing to help market their products. A business without good marketing will find it quite challenging to introduce a new UMKM product, so UMKM owners need to understand the role of digital marketing in promoting cosmetic products.


Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto, S. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). CAPS.

Diamond, S. (2015). The Visual Marketing Revolution. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Irfan, M. (2014). Efektivitas penggunaan media sosial twitter sebagai media komunikasi pemasaran strike! courier di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi [Internet].[Diunduh pada: 2017 Oktober 29 pukul 20.15], 2(2), 28-38.

Lakutomo, G. S. (2014). Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan Sosial Internet Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Nurlaelli, L. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Omzet Penjualan Pada Toko Emas Kresno Tegal Politekin Harapan Bersama Tegal].

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.

Rahayu, W. (2023). Penggunaan dan Pemaknaan Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi: Globalisasi, Bahasa Indonesia, Bahasa Asing.

Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 158-162.

Saragih, E. (2015). Tata kelola komunikasi kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 24.

Siregar, R. B. S., Rohani, L., & Devianty, R. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Komunikasi Pembangunan Di Kota Medan. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(3), 1047-1054.

Yunadi, A., & Ardiyanti, W. (2018). Pengaruh Program Kampung UKM Digital terhadap Omzet penjualan (studi kasus ukm batik kayu krebet, pajangan, bantul). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 8(1), 50-58.




DOI: https://doi.org/10.31764/lpk.v1i4.26465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.