Edukasi Penggunaan Dan Penyimpanan Obat berdasarkan Beyond Use Date

Meta Safitri, Diana Sylvia, Sefi Megawati, Zahara Citra Alamsyah, Yulia Mentari Tasi, Khujaemah Khujaemah, Karina Andriyani, Laila Khoirunnisa, Lulu Jusera, Lukman Hadi Permana

Abstract


Beyond Use Date (BUD) refers to the period during which a drug can be used after it has been compounded, prepared, or after the primary container has been opened or damaged. It is crucial for healthcare professionals, especially pharmacists, to understand the general rules of BUD, including how to determine BUD for various types of drugs, both sterile and non-sterile, and how to label them correctly. Seventy students from SMAN 18 Tangerang Regency participated in this community service activity. It began with attendance registration, followed by a pretest, the delivery of materials on "Storage and Use of Medications Beyond the Use Date" through a PowerPoint presentation, and a Q&A session. The activity concluded with a post-test. The results from the pretest and post-test showed a 10.54% increase in BUD knowledge, indicating the participants’ ability to receive quality education. In conclusion, the community service activity resulted in a 10.54% increase in BUD knowledge, demonstrating the participants’ capacity to acquire educational benefits.

Key word: Use, storage, BUD


Abstrak

Beyond use date (BUD) adalah lama penyimpan obat setelah obat diracik, disiapkan, atau setelah kemasan utama dibuka atau rusak. Sangat penting bagi tenaga kesehatan, terutama apoteker, untuk memahami aturan umum BUD, termasuk cara menetapkan BUD untuk berbagai jenis obat, baik steril maupun nonsteril, dan mencantumkannya dengan benar. 70 siswa SMA Negeri 18 Kabupaten Tangerang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini. Dimulai dengan pengisian daftar hadir, pelaksanaan pretest, penyebaran materi tentang Penyimpanan dan Penggunaan Obat yang Melampaui Batas Waktu Penggunaan melalui PowerPoint, dan jawaban pertanyaan, kegiatan diarahkan dengan pengisian post test. Hasil dari kegiatan pretest dan posttest menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan BUD sebesar 10,54%, ini menunjukkan kemampuan peserta untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Kata kunci: penggunaan, penyimpanan, BUD


Full Text:

PDF

References


Happy, P. P. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X dan Permasalahannya Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan UIN Raden Intan Lampung].

Hartayu, T. S., Wijoyo, Y., & Manik, D. G. (2020). Manajemen Dan Pelayanan Kefarmasian Di Apotek: Dengan Metode Problem-Based Learning Dalam Kerangka Paradigma Pedagogi Reflektif. Sanata Dharma University Press.

Kamilah, N. I., Rachman, A., Wilsya, M., & Lingga, S. M. (2024). Edukasi Pemahaman Beyond Use Date “Bud”(Batas Penggunaan Produk Obat) Setelah Diracik Atau Disiapkan Atau Dibuka Dari Kemasan. Ukhuwah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 38-43.

Kemenkes, R. (2014). Edisi V: Farmakope Herbal Indonesia. Bab dalam buku/Bagian buku.

Ndoen, H., Ole, A., Gale, A., Ndjurumbah, E., Mongko, F., Nesimnasi, J., Bere, S., & Wula, T. (2024). Edukasi Pencegahan Rabies Bagi Siswa Sekolah Dasar. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 93-98.

Pratiwi, G., Ramadhiani, A. R., Arina, Y., Alta, U., Tari, M., Indriani, O., & Nugraha, G. (2023). Penyuluhan Tentang Beyond Use Date (BUD) Pada Obat-Obatan. Jurnal Pengabdian, 2(1), 25-28.

Priyambodo, B. (2016). Lama Obat Bisa Digunakan Setelah Segel Dibuka. Tribun Jogja, Agustus, 2016, 13.

Wihelmina Garus, A. (2018). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Rt. 40 Rw. 13 Kelurahan Oesapa Tentang Beyond Use Date Obat Poltekkes Kemenkes Kupang].

Wijaya, H., Rosyadi, A., Kurniawan, K., Putri, W. C. C., Praditasari, A. L., Pranawati, E., Octavia, D. R., Setiadi, F., Mahbub, K., & Oktifiani, Y. (2023). KOMUNIKASI FARMASI: Komuniasi Yang Efektif Dalam Praktik Farmasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wulandari, N. N., Khusna, K., & Pambudi, R. S. (2024). Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian di Apotek Sindhu Farma Universitas Sahid Surakarta].




DOI: https://doi.org/10.31764/lpk.v2i2.29236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.