Pendampingan Pemasaran Obat Tradisional pada UMKM “Kios Herbal Gus Fud”
Abstract
The current challenges for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are the low ability of human resources (HR) to deal with trading methods from conventional ways of doing business to online business and the low quality of existing product packaging. One of them is herbal herbal medicine SMEs in the city of Surakarta, namely “Kios Herbal Gus Fud”. This community service activity aims to assist in the marketing of traditional medicines to help maximize sales turnover of traditional medicine “Kios Herbal Gus Fud”, introduce traditional medicinal products “Kios Herbal Gus Fud” to the wider community, and to increase the aesthetic value of packaging so that it is attractive. public interest in herbal products. This activity consists of the observation and preparation stage, the implementation stage, and the activity evaluation stage. The results of this community service are an increase in sales turnover, more attractive and flexible packaging, the public becomes more aware of traditional medicinal products “Kios Herbal Gus Fud”. This community service activity increases turnover, improves packaging, expands promotion, and raises public awareness of the benefits of traditional medicine "Kios Herbal Gus Fud".
Key word:
accompanimen, marketing, MSMEs, traditiomal, medicine
Abstrak
Tantangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini adalah rendahnya kemampuan sumber daya manusia (SDM) menghadapi metode perdagangan dari cara berbisnis secara konvensional menjadi online bisnis dan rendahnya kualitas kemasan produk yang ada. Salah satunya UMKM jamu herbal di kota Surakarta yaitu “Kios Herbal Gus Fud”. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan sebagai pendampingan pemasaran obat tradisional untuk membantu agar dapat memaksimalkan omset penjualan obat tradisional “Kios Herbal Gus Fud”, memperkenalkan produk obat tradisional “Kios Herbal Gus Fud” kepada masyarakat luas, serta untuk meningkatkan nilai estetika kemasan sehinggan menarik minat masyarakat terhadap produk jamu. Kegiatan ini terdiri dari tahap observasi dan persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah kenaikan omset penjualan, kemasan lebih menarik dan fleksibel, masyarakat menjadi lebih banyak mengetahui produk obat tradisional “Kios Herbal Gus Fud”. Kegiatan pengabdian ini meningkatkan omset, memperbaiki kemasan, memperluas promosi, dan membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat obat tradisional "Kios Herbal Gus Fud".
Kata kunci:
obat, tradisional, pemasaran, pendampingan, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Aprianti, I., Andayani, S. A., Kholiq, A., Sikki, N., & Zulfikar, T. (2024). Peningkatan Penjualan Produk UKM Keripik Mangga Melalui Pengemasan dan Branding di Desa Jembarwangi Sumedang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1653-1659.
Awalia, S., Julianti, M., & Purnama, I. (2024). Pengembangan Packaging Produk Untuk Menambah Nilai Jual Pada UMKM Minasarua Saijah Sondosia Kabupaten Bima. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 2(1), 06~ 10-06~ 10.
Dwiningwarni, S. S., & Andari, S. (2022). Manajemen Perubahan Untuk Mengembangkan UKM Batik. Strategi Dan Perkembangan Batik Tulis Di Jawa Timur Menyongsong Go International, 106-107.
Rasa, I. N. M. A. G., Astiti, M., Eryani, I. A. A. P., Yudiastari, I. N. M., & Semaryani, I. A. A. M. (2023). Pentingnya kemasan dalam pemasaran produk. Scopindo Media Pustaka.
Saputera, M. M. A., Susanto, Y., Wahyuni, A., Alfian, R., & Yumassik, A. M. (2021). Pelayanan Kesehatan Dan Pemberian Informasi Obat Pada Program Desa Binaan Di Kelurahan Tatah Layap Kabupaten Banjar. Jurnal Bakti untuk Negeri, 1(2), 106-111.
Sari, F. P., Liantifa, M., Yuliasih, M., Irawan, D. A., Budaya, I., Setiawan, Z., Efdison, Z., Rahmayani, M. W., Sudrajat, J., & Syamil, A. (2023). Strategi Pengembangan & Pemasaran UMKM: Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, R., Sayadi, H., & Komariah, S. (2021). Sosoalisasi Tantangan Usaha Kecil Di Era Digital Pada Pelaku Usaha Kecil Di Kelurahan Kenten Palembang. Suluh Abdi, 3(2), 76-80.
Setyawan, F. D., Herman, H., & Khairi, W. (2025). Penyuluhan dan Pengenalan Peran Farmasis di SMP Negeri 2 Sentani. Lumbung Pengabdian Kesehatan, 2(1), 11-13.
Suma, E., Yusuf, S. A., & Umar, J. (2023). Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen:(Studi Kasus Kopi Yamira). Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 111-115.
Zagoto, Y., Yuliyati, M. T., Pambudi, R., Cikdan, M., & Mukadi, M. (2022). Peran pemasaran melalui media sosial dalam meningkatkan pendapatan umkm di masa pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 37-40.
DOI: https://doi.org/10.31764/lpk.v2i2.29774
Refbacks
- There are currently no refbacks.