PENGENALAN BERHITUNG MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA BERBAHASA HATAM DI NUHUWEi, PAPUA BARAT

Andi Fajeriani Wyrasti, Haryanto Haryanto, Ebeneser Wacner Simamora, Purwati Purwati, Irfan Irnandi, Firmansyah Firmansyah, Nahrun Najib Siregar, Abdul Syukur Ode, Alfani Saptariani, Anggun Sissi Maretta Siagian, Cicilia Yana Irfianti Bonay, Yuli Puwantini

Abstract


Abstrak: Metode jarimatika adalah metode yang digunakan untuk melatih kemampuan berhitung siswa. Kemampuan berhitung dan ketertarikan siswa dalam berhitung dapat meningkat bila pembelajaran lebih bermakna dan berbudaya. Pembelajaran berhitung menggunakan metode jarimatika berbahasa hatam di SD Inpres 17 Nuhuwey ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, keterampilan berhitung dan ketertarikan siswa terhadap matematika. Metode yang digunakan adalah sosialisasi secara klasikal dan pendampingan belajar berhitung secara individual. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan, setiap hari sekolah, dengan durasi 90 menit tiap pertemuan. Siswa yang mengikuti kegiatan adalah siswa kelas tinggi. Materi yang disajikan terdiri atas pengenalan metode jarimatika berbahasa Indonesia, berhitung menggunakan jarimatika berbahasa Hatam, Penjumlahan dan Pengurangan menggunakan jarimatika berbahasa Hatam. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan berhitung siswa sebesar 69.56% yang diukur menggunakan tes. Disamping itu, terjadi peningkatan kecepatan berhitung siswa dari 6.27 menit per soal menjadi 1.24 menit untuk 5 soal yang diukur menggunakan stopwatch. Serta peningkatan ketertarikan siswa terhadap matematika yang diukur menggunakan angket.

Abstract: The Jarimatika method is a method used to drill students' numeracy skills. The ability to count and students' interest in numeracy can increase if learning is more meaningful and cultured. Learning to count using The Hatam-language Jarimatika method at SD Inpres 17 Nuhuwey aims to develop thinking skills, numeracy skills and students' interest in mathematics. The method used is classical socialization and individual numeracy learning assistance. This activity was carried out for 3 months, every school day, with a duration of 90 minutes per meeting. Students who take part in the activity are high-class students. The material presented consists of an introduction to the Indonesian method of arithmetic, counting using the Hatam method of arithmetic, Addition and Subtraction using the Hatam language of arithmetic. The results obtained from this activity is an increase in students' numeracy skills by 69.56% which is measured using a test. In addition, there was an increase in students' counting speed from 6.27 minutes per question to 1.24 minutes for 5 questions measured using a stopwatch. As well as increasing students' interest in mathematics as measured using a questionnaire.


Keywords


Jarimatika; Hatam-language; Ethnomathematics; Hatam-Ethnomathematics; Numeracy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., Sukamaju, S., Sukamaju, K., Barat, P. B., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & Cimahi, K. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 02(05), 5.

Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal MahasiswaPendidikan Dasar, 86(1), 87–88.

Choeriyah, L., Qohar, A., & Subanji, S. (2021). Student Creative Thinking Analysis in Ethnomathematics Based Inquiry Learning on Transformation Materials. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 4(4), 585–597. https://doi.org/ 10.29062/edu.v4i4.218

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian. v3i1.487

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Gravemeijer, K. (1994). Educational Development and Developmental Research in Mathematics Education. Journal for Research in Mathematics Education, 25(5), 443. https://doi.org/10.2307/749485

Hendriyanto, A., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Explain Point and Line Positioning Materials Using the Ethnomathematical Approach to Enhance Students’ Geometric Thinking Skills. Psychology and Education, 58(5), 4199–4214.

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam PEmbuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 8–12.

Kimberly P. Raghubar, & Barnes, M. A. (2017). HHS Public Access. Physiology & Behavior, 176(1), 139–148. https://doi.org/10.1080/13854046.2016.1259387. Early

Mania, S., & Alam, S. (2021). Teachers’ perception toward the use of ethnomathematics approach in teaching math. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 282–298. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1551

Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa. Caxra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 31.

Nalole, M., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Gorontalo, U. N., Sunati, R., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Gorontalo, U. N. (2021). The Effect of The Use of The Jarimatics Method on The Results of Learning Multipurpose Original Number in Class IV Students SDN 06 Tapa Bone Bolango. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 8(5), 275–285.

Nurafifah, I. H., & Nurhayati, T. (2019). Pengaruh Pengunaan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas III B MI Negeri 6 Kuningan Kabupaten Kuningan. Of Elementary Education, 1(1), 1–16.

Nurrohmah, S., & Muryaningsih, S. (2013). Pengaruh Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Kelas IV di SD Negeri Weton-Wetan. Renjana Pendidikan Dasar, 9(1), 107–122.

Pramita, D. (2017). Pengenalan Dan Pelatihan Berhitung dengan Jarimatika dan Sempoa di SDN 10 Ampenan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1(1), 46–51.

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/ jpmipa.v1i1.54

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/ obsesi.v4i2.428

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https:// ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Van den Akker, J., Gravemeijer, K., Mckenny, M., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. Educational Design Research, January, 45–85.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Fajeriani Wyrasti, Haryanto Haryanto, Ebeneser Wacner Simamora, Purwati Purwati, Irfan Irnandi, Firmansyah Firmansyah, Nahrun Najib Siregar, Abdul Syukur Ode, Alfani Saptariani, Anggun Sissi Maretta Siagian, Cicilia Yana Irfianti Bonay, Yuli Puwantini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: