KAJIAN KRITIS METODE KARTU REMI (MKR) DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN HUMANIS

Anam Purwanto, Yakub Nasucha, Harun Joko Prayitno

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan mengkaji hal-hal mendasar Metode Kartu Remi (MKR) dalam pembelajaran kooperatif dengan pendekatan humanis. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Mengetahui mekanisme Metode Kartu Remi (MKR). b) Mendeskripsikan kajian kritis Metode Kartu Remi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara. Mekanisme penggunaan metode kartu remi, a) Kelompok yang terdiri atas 4 peserta didik siap bermain, b) Bagikan kartu kepada setiap peserta didik masing-masing 7 lembar, c) Pengocok pertama mengambil 1 kartu yang terdapat pada tumpukan kartu, d) Orang kedua mengambil 1 kartu, e) Orang ketiga juga mengambil 1 kartu, f) Dan orang keempat juga mengambil 1 kartu, g) Permainan dapat diakhiri dengan ditutup kartu Fonologi (AS) skornya dikalikan 3, yaitu 3 (Fonologi/AS) x 3 (Ditutup) = 9. Pemenang putaran pertama pada sesi pertama skornya adalah 7 + 9 = 16. Selain itu berikut kelemahan metode kartu remi yaitu Kelemahan yang dialami pendidik, a) disepelekan peserta didik, b) membutuhkan waktu yang lama, c) dalam kelompok minimal ada satu peserta didik yang memahami secara mendalam tentang cara penggunaan metode kartu remi. Kelemahan yang dialami peserta didik yaitu a) sulit memahami arahan pendidik, b) gaduh, c) merasa berkuasa atau superior, d) keberuntungan.

 

Abstract:  The paper aims to examine the fundamental matters related to the utilization of Rummy cardsin cooperative learning using humanistic approach. In particular, the research is to investigate the mechanism of using Rummy cardsand to critically analyze the use of the card game in educative orientation. The data of this qualitative research were collected through observation and interview. The study found that the utilization of Rummy cardsrequires a special procedure and comes with its benefit and obstacles. The procedure is by attaching words on the back of the cards and plays them with special scoring system. The benefit of utilizing Rummy cards for learning is in the form of extra eagerness felt by students; they were mentally engaged and socially active in groups. As for the obstacles, both teachers and students face some difficulties. The teacher’s challenges were: a) being overlooked by the students, b) the game needed more time to prepare, and c) the group should have at least one student who understands the game deeply in order to be effective. Meanwhile, the students’ challenges were:a) teacher’s instruction was hard to understand, b) they became more noisy than usual, c) some students felt more superior than others, and d) luck factor bringing uncertainty to their experience. It can be concluded that Rummy cards media is a feasible mean of humanistic language teaching, but there are challenges to overcome to increase its efficiency.

Keywords


Rummy cards method; humanistic language teaching; teaching media

Full Text:

Download [PDF]

References


Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 35. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87

Argianita, E. (2015). Media Kartu untuk Pembelajaran Keterampila Menulis Bahasa Jerman. Jurnal Laterne, 4(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/laterne/article/view/12258

Assaba’i Nizar Urwani, Murni Ramli, J. A. (2018). Analisis dominasi komunikasi scientific pada pembelajaran biologi sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 181–190. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21465/11647

Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2015). Analisis keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. e-Juornal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/JJPBS.V3I1.7204

Dewi, E. P., Sutaman, I. M., & Sriasih, S. A. P. (2015). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IIS.1 SMAN 1 Mendoyo. Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab ( Mufradat ) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal PAUD Universitas Negeri Jakarta, 9(1), 107–126.

Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Peta Konsep Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Pada Materi Genetika. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8091

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–18. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/30/30

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar.

Janattaka, N., & Ghufron, A. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Kelas 4 SDN 1 Jimbung Klaten. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 90. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2647

Janawati. (2013). Peningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa PGSD Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Task Based Activity Dengan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 83–94. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/download/15095/7919

Jumarniati, J., & Anas, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 41–47. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.113

Latifah, N., & sa’odah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Visual Siswa Kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang. jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 8(2), 107–117. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/1794

Mahsun, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892

Nasucha, J. A. (2019). Nilai Karakter pada Mata Pelajaran PAI dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 108–135. https://doi.org/10.3153/nzh.v2i1.234

Nurjaya, G. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Metode Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Aplikatif Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4490

Prawiranegara, H. (2019). Pengembangan Bahan Pembelajaran Pengenalan Matematika Dasar Berbasis Komputer Bagi Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 67–74. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.7

Rahmawati, E. L., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS Dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178–189.

Rismayanti Gina, Puspitasari Wina Dwi, C. U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019 PENERAPAN, 306–313.

Rizki, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3224

Santoso, T., Ihsanudin, M., Oktama, M. Y., Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Aulia, M. F., Afianto, D., & Setiawaty, R. (2019). Pedagogical content knowledge (PCK) ability of Indonesian language teacher candidates. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(10), 248–262. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.10.16

Slavin, R. E. (2010). Cooperative learning. In International Encyclopedia of Education (pp. 177–183). https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.00494-2

Sofiani, Y. dan O. A. K. . (2018). Kontribusi Model Pembelajaran Koperatif Learning Tipe Group Investigation Berbatuan Learning Management System (LSM) Berbasis Edmodo dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis. Indonesian Jurnal of History Education, 6(2), 115–122. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27635

Wahyuhastufi, A. (2016). Identifikasi Hambatan-Hambatan Guru Dalam Pembelajaran di Kelas III A Sekolah Inklusi SDN Giwangan Yogyakarta. Jurnal Basic Education, 5(2). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/408

Wisnu Sunarto, Woro Sumarni, E. S. (2008). Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Metode Think-Piar-Share dan Metode Ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 244–249. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1225




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anam Purwanto, Yakub Nasucha, Harun Joko Prayitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: